#

Desk Pilkada Demokrat Makassar Buka Penjaringan Balon Walkot, Ini Tahapannya

Rabu, 19 Juli 2017 | 19:59 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Desk Pilkada Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Makassar membuka penjaringan bakal calon Wali Kota, Kamis (20/7/2017). Proses penjaringan akan dilakukan secara bertahap.

Ketua Desk Pilkada Demokrat Makassar, Nuryanto G Lewang mengatakan bahwa khusus untuk pengambilan pengambilan dan pengembalian formulir akan dibuka sejak tanggal 20 – 26 Juli 2017. Hal ini menyusul rapat internal Desk Pilkada Demokrat Makassar yang dilanjutkan dengan sosialisasi.

pt-vale-indonesia

“Besok pagi kita sudah mulai proses pendaftaran di Kantor Demokrat Makassar, Jalan Batua Raya,” kata Anto G Liwang saat memberikan keterangan pers di Hotel Marine, Jln Jendral Sudirman, Makassar, Rabu (19/7/2017).

Dijelaskan lebih lanjut, tanggal 17 sampai 21 Juli tahap sosialisasi, 27 – 31 Juli ekspose publik bakal calon yang telah mengembalikan formulir.

“Ekspose ini dilakukan di hadapan seluruh kader demokrat. Kita juga akan bekerjsama dengan media untuk melibatkan masyarakat, sebisa mungkin kita akan live. Ekspose publik ini kita mau meberikan gambaran umum seperti apa kandidat kita, termasuk kerja-kerja kedepan dan pemberdayaan partai ke depan. Ini bisa dikatakan emaparan visi dan misis awal,” ujar Anto G Liwang.

Setelah ekspose publik, pada tanggal 8 – 10 Agustus pihaknya akan menetapakan bakal calon yang dianggap layak untuk di kirim ke DPD Demokrat Sulsel. Selanjutnya pada tanggal 11 – 16 Agustus uji komitmen dan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di DPD Demokrat Sulsel.

Lebih jauh dijelaskan bahwa pihaknya juga akan menggelar survei. Pada survei itu, partai berlambang bintang mercy ini berjanji tidak akan memungut biaya dari bakal calon yang mendaftar.

“Survei akan kita lakukan setelah pengembalian formulir, jadi tahapan berjalan, survei juga berjalan. Kan saat ini kita sudah ada data awal dari survei internal,” bebernya.

*) Deng Ical Belum Konfirmasi Mau Mendaftar

Sementara itu, Sekretaris Desk Pilkada Demokrat Makassar, Abdi Asmara membeberkan bahwa meski penjaringan dimulai perhari ini, namun sudah ada beberapa bakal calon yang mengkonfirmasi kesiapannya untuk mendaftar di partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Mereka diantaranya, Andi Rachmatika Dewi (Cicu), Iqbal Djalil (Ije), Adi Rasyid Ali (ARA) dan Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Sementara nama Syamsu Rizal yang diketahui adalah Sekretaris Demokrat Sulsel tidak disebutkan Abdi.

Abdi yang dikonfirmasi lebih lanjut mengakui bahwa saat ini Deng Ical, sapaan Symasu Rizal memang belum mengkonfirmasi kesiapannya untuk mendaftar di Demokrat. Padahal diketahui Deng Ical beberapa kali menyatakan sikap siap ‘running’ di Pilwalkot Makassar mendatang. Bahkan beberapa kali Deng Ical mengatakan siap berlawanan dengan Wali Kota petahana.

“Memang belum ada konfirmasi dari Deng Ical (soal kesiapan mendaftar) sampai saat ini. Tapi kan beliau adalah kader internal,” tuturnya.(*)


BACA JUGA