Tari Pallaaung Rumah Hiasi Pesta Adat Timusu di Soppeng

Minggu, 13 Agustus 2017 | 05:24 Wita - Editor: adyn - Reporter: Yusuf Muhammad - Go Cakrawala

Soppeng, Gosulsel.com – Pesta adat atau maddoja bine adat bugis desa timusu kecamatan liliriaja di meriahkan dengan penampilan tari pallaung rumah yang menceritakan tentang saat benih padi hendak di tanam hingga panen tiba berlangsung di Lapangan Lagoci, Sabtu (12/08/2017) malam.

Maddoja bine yang biasanya di lakukan pada malam hari sebagai tanda syukur jika ingin memulai menanam benih padi keesokan harinya.

pt-vale-indonesia

Pesta adat yang di sponsori pemerintah desa timusu,para kelompok tani dan masyarakat dengan menyuguhkan aneka ragam makanan dan kue tradisional desa timusu sambil menyaksikan mappadendang, massure, maddongi dan mappalili dengan iringan lagu peong palo karellae.

Kepala desa timusu Firdaus menyampaikan sepatah kata bahwa pesta budaya maddoja bine di desa timusu memang sudah turun temurun dilaksanakan setiap tahunnya.

Atas nama pemerintah desa sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat atas terselenggaranya pesta adat ini dengan baik yang tujuannya untuk mengangkat budaya yang hampir tenggelam.

“Kami hanya menfasilitasi bersama kelompok tani,ini jarang di jumpai di desa-desa lain,” ungkap Firdaus.

Sambutan Bupati Soppeng yang di bacakan sekertaris daerah Nuralam menyambut baik pelaksanaan pesta budaya maddoja bine di desa timusu fan berharap agar terus menerus di laksanakan sebagai ajanh silaturahmi bersama.

Nuralam juga menyinggung program pemerintah daerah kabupaten soppeng terkait perbaikan jalan yang tiap tahunnya 100 kilometer.

“Alhamdulillah sekarang masyarakat timusu sudah merasakan jalannya yang mulus,program pemerintah tahun ini itu sudah melampauhi target,tutur Nuralam.(*)


BACA JUGA