FOTO: Pengunjung menyaksikan Sejumlah karya foto anak-anak pulau pada Pameran Sekolah Terapung di Alun-alun Pangkajene dan Kepualauan, Sulawesi Selatan. Minggu (27/8/2017). Citizen Reporter

The Floating School Pamerkan Karya Kreatif Anak Pulau

Senin, 28 Agustus 2017 | 20:32 Wita - Editor: Sapriady Putra - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, Gosulsel.com — Setelah belajar selama 6 bulan, The Floating School mengadakan Pameran atas karya-karya siswa di Alun-alun Citramas Pangkajene, Minggu (27/8/2017). Pameran ini bertemakan kepulauan dengan judul Pameran Sekolah Terapung.

The Floating School adalah sekolah kreatif bagi pemuda-pemuda di Kepulauan Indonesia dan Kepuluan Pangkep menjadi labuhan pertamanya. Merupakan sekolah dengan 7 kelas kreatif, yaitu : Kelas Menulis, Kelas Prakarya, Kelas Menyanyi, Kelas Menari, Kelas Fotografi, Kelas Komputer, dan Kelas Menggambar. Siswa Sekolah Terapung ini berasal dari 3 pulau : Pulau Saugi, Pulau Satando, dan Pulau Sapuli, Desa Mattiro Baji. Sekolah dengan konsep fun learning ini diikuti oleh 70 remaja dengan rentang umur 13 – 20 tahun.

pt-vale-indonesia

“Adapun tujuan dari pameran ini, adalah sebagai wadah untuk memberikan ruang apresiasi atas karya-karya yang telah mereka hasilkan. Serta mensosialisasikan program The Floating School kepada masyarakat luas sebagai program pendidikan non-formal untuk daerah kepulauan di Indonesia.” Ujar Rahmat, selaku koordinator program The Floating School.

gosulsel-floating-school FOTO: Pengunjung menyaksikan Sejumlah karya foto anak-anak pulau pada Pameran Sekolah Terapung di Alun-alun Pangkajene dan Kepualauan, Sulawesi Selatan. Minggu (27/8/2017). Citizen Reporter

Menurut rilis yang diterima redaksi gosulsel.com, dalam Pameran ini, ada beberapa pertunjukan dari siswa Kelas Menari dan Kelas Musik. Bukan hanya itu, pameran ini juga menunjukkan 100 foto tunggal dan 4 foto cerita, 60 gambar beragam bentuk dan konsep. Siswa Kelas Menulis memajang naskah tulisan-tulisan mereka sejak pertama belajar, sekaligus talkshow atas launching buku kumpulan tulisan yang berjudul : Suara Anak Pulau. Siswa Kelas Prakarya akan memperlihatkan kreasi-kreasi dari beragam bahan yang menjadi karya seperti bros-bros dari kerang, celengan dengan hiasan laut, dan lain sebagainya. Dan siswa Kelas Komputer menunjukkan kemampuannya dalam mempresentasikan segala hal tentang Pulau Saugi, Pulau Satando, dan Pulau Sapuli.

gosulsel-floating-school FOTO: Pementasan Kelas Menyanyi dalam Pameran Sekolah Terapung di Alun-alun Pangkajene dan Kepualauan, Sulawesi Selatan. Minggu (27/8/2017). Citizen Reporter

Secara keseluruhan, pameran ini menjadi menjadi bukti proses belajar mereka dan juga upaya mereka untuk memperkenalkan pulau dan kehidupannya kepada masayarakat luas, kepada Indonesia.(*)