Bappeda se Indonesia Kumpul Bahas Sinergitas Pembangunan

Jumat, 15 September 2017 | 10:44 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Asosiasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tingkat provinsi akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) VIII di Hotel Grand Clarion Kamis-Sabtu, 14-16 September.

Salah satu poin penting yang akan dibahas dalam Rakornas yang akan dihadiri tiga menteri ini adalah membahas sinergitas pembangunan antara pusat dan daerah, serta antara daerah dan daerah lainnya.

pt-vale-indonesia

Ketua Panitia Rakornas VIII yang juga Kepala Bappeda Sulsel, Jufri Rahman mengatakan tiga menteri yang dijadwalkan hadir diantaranya, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

“Di haeu Jum’at seharian pemaparan materi dari kementerian, termasuk dari Bappenas. Sebelumnya, akan dibuka Kamis malam oleh Pak Gubernur,” katanya, Rabu 13 September.

Menurutnya, hal pokok yang akan dibahas secara bersama-sama adalah strategi pemerintah dalam menanggulangi ketimpangan pembangunan antar daerah. Diharapkan lewat Rakornas ini akan dihasilkan rekomendasi untuk diserahkan ke pemerintah pusat.

Perwakilan tim sekretariat Asosiasi Bappeda se Indonesia, Anjar Yusdinar menambahkan setiap tahun Rakornas ini digelar. Selain menjalin hubungan silaturahmi, acara ini juga menjadi ajang pertukaran inovasi dalam pembangunan di daerah.

“Intinya bagaimana sinergi perencanaan pusat dan daerah dalam rangka kebangkitan ekonomi tahun 2025. Kita ingin mencari solusi atas ketimpangan ekonomi di daerah untuk di sampaikan ke pusat,” tambahnya. (*).


BACA JUGA