Pembangkit Listrik PLTB Sidrap Mampu Aliri 100 Ribu Rumah

Minggu, 01 Oktober 2017 | 09:30 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Sidrap, GoSulsel.com – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melakukan kunjungan ke pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) di Kampung Pabbaresseng, Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sabtu (30/9/9/2017).

PLTB tersebut merupakan pembangkit listrik tenaga angin pertama di Indonesia dengan kapasitas daya yang mampu dihasilkan sebesar 75 megawatt. 

pt-vale-indonesia

Bupati Sidrap kepada Menteri ESDM melaporkan jika total listrik yang dihasilkan pembangkit itu dapat menyuplai listrik ke 100ribu rumah warga. 

Sumber listrik dengan total 75 megawatt ini berasal dari 30 kincir angin. Dengan daya masing-masing menghasilkan 2,5 megawatt dengan menggunakan turbin Gamesa 114 setinggi 80 meter.   

Rusdi Masse mengatakan dengan hadirnya pembangkit listrik tenaga angin pertama di Indonesia ini, akan menjadikan Sidrap sebagai lumbung listrik.

“Kami gembira dan sangat bangga, setelah menjadi lumbung beras, telur dan sapi, kini Sidrap menjadi lumbung listrik. Ini demi kemajuan Sidrap, untuk kemandirian energi negara RI,” kata Rusdi. 

Rusdi menambahkan, PT UPC Renewables Indonesia menanamkan investasi senilai Rp1,5 triliun atau 150 juta dollar Amerika Serikat untuk proyek yang merupakan bagian dari program 35.000 megawatt listrik untuk Indonesia. 

Selain menggunakan teknologi dari Amerika Serikat, beberapa komponen alat buatan anak bangsa digunakan misalnya pada instalasi kelistrikan. 

Bupati Sidrap dua periode ini mengatakan pihaknya memberikan kemudahan pada investor untuk berinvestasi di Sidrap sejak melakukan survey hingga mulai usaha. 

“Kami Pemerintah Kabupaten Sidrap dan Pemerintah Provinsi selalu mendukung investasi,” sebut Rusdi Masse. 

Rusdi Masse juga menyebutkan saat ini sudah masuk kesepakatan untuk pembangunan tahap dua.

“Hari ini kami sudah tandatangani untuk tahap kedua,” tambahnya.  (*)


BACA JUGA