Gelar Pelatihan Pengolahan Limbah, Priskha: Sampah Hal Kritis di Masyarakat

Selasa, 17 Oktober 2017 | 15:25 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com — Pelatihan Pengolahan Limbah/Daur Ulang dan Pemanfaatan Bank Sampah digelar oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Kegiatan tersebut berlangsung di Baruga Tinggimae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Selasa (17/10/2017).

pt-vale-indonesia

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Priskha Paramita ini diikuti seluruh jajaran pengurus dan kader PKK dari 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa.

Dalam sambutannya Priskha Paramita mengatakan, saat ini sampah menjadi hal yang kritis bagi masyarakat baik di kota maupun di desa, yang berdampak pada pencemaran udara akibat limbah rumah tangga yang tidak dimanfaatkan secara baik.

“Hal inilah yang menjadi perhatian bagi Pemda dan PKK Kabupaten Gowa untuk menyelenggarakan pelatihan bagaimana cara mengelola limbah sampah untuk dimanfaatkan agar bernilai ekonomis,” ungkapnya.

Pelatihan tersebut berlangsung selama 2 hari, sejak 17 Oktober hingga 18 Oktober mendatang. Adapun pemateri hari ini berasal dari Madiri Galeri, Azikin Sar dan esoknya akan diisi oleh Direktur Bank Sampah, Saharuddin Ridwan.

Lebih lanjut, Ketua Tim Penggerak PKK ini mengatakan, Kegiatan itu juga merupakan salah satu upaya untuk merubah sikap dan prilaku masyarakat agar tidak ada lagi memandang limbah sampah sebagai musuh yang harus dimusnahkan.

“Melainkan sebaliknya limbah sampah tersebut merupakan sebuah kebutuhan, karena dapat dijadikan sebagai produk-produk tertentu yang bernilai ekonomi tinggi,” jelasnya di hadapan para kader PKK.

Diakhir sambutannya, Istri Orang nomor satu di Gowa ini berharap agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sunguh-sungguh sehingga apa yang didapatkan pada hari ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (*)


BACA JUGA