Dinas Kesehatan Maros Siapkan Rumah Tunggu Kelahiran Untuk Ibu Hamil

Selasa, 24 Oktober 2017 | 15:36 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros, GoSulsel.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, melalui bidang kesehatan keluarga dan gizi siapkan Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) hampir disetiap kecamatan yang ada di Maros.

Sehingga, Ibu-Ibu yang menunggu proses melahirkan di Kabupaten Maros, kini bisa memanfaatkan fasilitas RTK yang ada di tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten.

pt-vale-indonesia

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Dan Gizi Dinas Kesehatan Maros, Bidan Nurbaya, Selasa (24/10/2017) mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan 9 RTK yang tersebar di berbagai Kecamatan seperti Mallawa, Camba, Cenrana, Tompobulu, Mandai, Tanralili, Turikale, Bantimurung dan Lau.

Sementara, untuk kecamatan yang belum ada RTK, maka diharapkan bisa memanfaatkan 1 RTK Kabupaten yang ada di Perumnas Tumalia Blok C (sekitar Masjid Nurul Ihsan).

Bidan Nurbaya menjelaskan, RTK ini disiapkan untuk Mendekatkan akses Ibu yang menunggu proses melahirkan ke fasilitas seperti Rumah Bersalin atau Puskesmas sehingga bisa mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

Bagi ibu-ibu yang akan melahirkan bisa memanfaatkan RTK ini 3 sampai 10 hari sebelum melahirkan.

Menurutnya, Para Ibu yang akan melahirkan tidak perlu khawatir soal biaya karena fasilitas ini disiapkan Gratis bahkan ditanggung untuk Makan dan Transportasi menuju tempat persalinan dengan diikuti tenaga pendamping.

Untuk ibu-ibu yang menunggu proses persalinannya dan ingin memanfaatkan RTK ini sehingga lebih mudah dan dekat ke fasilitas persalinan, Bisa menghubungi Puskesmas atau Bidan Terdekat. (*)


BACA JUGA