Realisasi Rendah, Gubernur Minta Kepala OPD ‘Tunjuki’ Bawahannya

Jumat, 27 Oktober 2017 | 15:20 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Menjelang akhir tahun realisasi anggaran APBD 2017 di lingkup Pemprov Sulsel belum maksimal. Sampai akhir triwulan III realisasi keuangan baru mencapai 55,34 persen. Dari total anggaran APBD 2017 Rp9,149 triliun, yang sudah direalisasi sekitar Rp5,063 triliun. Khusus pelaksana pengerjaan fisik sudah 65,17 persen.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaksimalkan 30 persen anggaran yang tersisa. Dengan mempercepat pelaksanaan proyek yang sudah direncanakan.

“Tidak boleh ada unit kerja yang tidak tahu apa akhir programnya. Sekarang harus deteksi apa yang menjadi kendala dan harus dilakukan ada perbaikan,” katanya, saat memberikan pengarahan di Rapat Monitoring dan Evaluasi Anggaran Triwulan III, Jum’at 27 Oktober.

Syahrul meminta setiap pimpinan OPD, melakukan pemetaan terhadap kegiatan yang harus dilakukan segera. Dengan berfokus kepada tugas yang harus diselesaikan.

Bahkan kepala dinas diminta untuk tak segan-segan menegur bawahannya. Terutama proyek yang anggaran dan pelaksanaannya belum terealisasi.

“Kepala dinas tunjuk-tunjuki itu kepala seksi mu. Panggil satu satu kenapa bisa anggaran tidak direalisasikan. Kalau ada yang bersoal lapor ke gubernur,” tegasnya.

Dirinya yakin di triwulan terakhir ini pertumbuhan ekonomi Sulsel akan mengalami peningkatan. Sebab hasil perkiraan BI, nilai ekspor Sulsel akan meningkat terutama nikel serta adanya perputaran uang dari anggaran pemerintah. (*)


BACA JUGA