#

IYL-Cakka Dapat Dukungan Demokrat-PPP, Ada Kubu yang Panik?

Kamis, 02 November 2017 | 19:37 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Baharuddin - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Di tengah berbagai upaya dilakukan pihak tertentu menjegal pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) agar tidak maju, duet ini justru mampu mencukupkan dukungan partai politik.

Kepastian Demokrat dan PPP berada di koalisi IYL-Cakka, menjadi ancaman serius bagi pihak yang disebut-sebut ingin menghalalkan segala cara untuk melawan kotak kosong di pilgub.

Sebab sangat wajar jika ada upaya menghalangi IYL-Cakka masuk ke arena pilgub. Selain punya basis grassroot, duet ini juga dikenal sebagai petarung. Sehingga jika berhadapan, pihak tertentu bisa panik.

Pengamat  Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Andi Luhur Prianto menuturkan, jika IYL-Cakka maju bertarung, maka menjadi kabar buruk bagi lawan politiknya. Pasalnya, selama ini memang ada upaya untuk menjegal IYL-Cakka.

“Meskipun status surat tugas itu bukan syarat pendaftaran, tetapi setidaknya sudah ada komitmen yang terbangun antara Demokrat dan IYL, mungkin hanya perlu melengkapi syarat tertentu saja,” tutur Luhur kepada wartawan, Kamis (02/11/2017).

Luhur menjelaskan, kekuatan yang dimiliki pasangan ini memang patut diperhitungkan pada ajang kontestasi politik lima tahunan ini. Hal itu merujuk pada kemampuannya tetap bisa meyakinkan beberapa partai di saat ada usaha menjegalnya.    

“Sejak (di Demokrat),  bargaining dan nilai tawar  IYL  kelihatan lebih tinggi dibanding kandidat lainnya,” pungkas Luhur.

IYL mendapat dukungan Demokrat setelah kandidat ini melewati tahapan penjaringan. Mulai pengambilan formulir, hingga pengembalian formulir saat tahapan pendaftaran diperpanjang oleh DPP secara nasional.

Meski IYL-Cakka tidak mengikuti simposium yang digelar DPD, namun oleh DPP hal itu tidak menjadi masalah. Pasalnya, simposium bukan syarat utama dalam menentukan pilihan, melainkan hanya salah satu mengukur kemampuan kandidat.

Informasi yang dihimpun, kepastian IYL-Cakka mendapat tambahan parpol, juga sebut-sebut membuat panik kubu kandidat tertentu. Bahkan mereka mengarahkan akademisi tertentu untuk “menyerang” pasangan ini.(*)


BACA JUGA