Ceramah di Masjid Cheng Ho, Ustad Somad Katakan Ini ke Bupati Gowa

Rabu, 08 November 2017 | 16:27 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

GOWA, Gosulsel.com — Dalam rangka Milad ke Enam Masjid Muhammad Ceng Ho, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri Tabligh Akbar yang dibawakan oleh Ustad Abdul Somad, Lc., MA. Rabu (8/11/2017). 

Ratusan masyarakat memadati Masjid Muhammad Ceng Hoo, hadir pula perwakilan seluruh SKPD Kabupaten Gowa.

Dalam sambutannya Bupati Adnan selalu mengingatkan kepada masyarakat Gowa tentang pentingnya kekompakan dan kebersamaan dalam bermasyarakat. 

“Orang Gowa dikenal dengan kekompakan dan kebersamaan, tidak ada keberhasilan tanpa adanya hal tersebut. Atas nama masyarakat Gowa, saya mengucapkan selamat milad ke-6 kepada masjid Muhammad Ceng Hoo,” kata Adnan.

Sementara Ustad Somad mengatakan dalam ceramahnya, bahwa Islam menghormati non muslim walau berbeda keyakinan. Islam itu jelas, letak kejelasannya ada pada hubungan sosial, bisnis, dan dagang.

Ustad lulusan Al Azhar Mesir dan Maroko ini sesekali melucu dengan ciri khasnya. Dirinya mengaku tidak ambil pusing dengan pernyataan orang terkait konten ceramahnya yang ekstrem.

“Kalau ada orang bilang jangan dengar ceramah Ustad Somad, Ustad Somad itu ekstrem, salah, Ustad Somad itu es krim, lembut dan manis,” tuturnya dengan nada melucu di hadapan seluruh jamaah Tablig Akbar. 

Ustad Somad pun menyampaikan beberapa item ceramahnya, di antaranya terkait dengan persaudaraan, radikalisme, hijrah, Iman, kasih sayang, serta jodoh.

“Siapa pun tidak ada rasa sayang di dirinya, maka Allah pun tak menyayanginya,” tambahnya.

Ustad Somad mengungkapkan dirinya tidak sedikitpun gugup saat membawakan materi ceramah di hadapan Bupati Gowa. Melainkan dirinya seperti membawakan materi di hadapan keluarganya.

“Kenapa saya datang dari pulau yang jauh di Sumatera, di hadapan Bupati Gowa ceramah saya mengalir santai, saya seperti di depan keluarga sendiri, padahal belum tentu Bupati mau jadi keluarga saya,” tuturnya seraya ketawa. 

Kesan humoris selalu melekat saat Ustad Somad menyampaikan ceramahnya, selain itu banyak dari ceramah Ustad Somad yang mengulas berbagai macam persoalan agama.

Dan bahkan bukan itu saja, ceramah Ustad Somad juga banyak yang membahas mengenai masalah-masalah kekinian, nasionalisme dan berbagai masalah yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat.(*) 


BACA JUGA