Pemkab Gowa Sabet Penghargaan Terbaik Pertama Program Kesehatan Nasional

Senin, 13 November 2017 | 16:57 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com — Hari Kesehatan Nasional ke-53 kali ini menjadi momentum yang bersejarah.

Pasalnya pada upacara peringatan yang berlangsung di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur Sulsel ini, Pemkab Gowa meraih sejumlah penghargaan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (13/11/2017).

pt-vale-indonesia

Gubernur Sulawesi Selatan, H Syahrul Yasin Limpo di dampingi Wakil Gubernur Sulsel, H Agus Arifin Nu’mang menyerahkan piagam penghargaan kepada Wakil Bupati Gowa, H Abdul Rauf Malaganni atas penghargaan terbaik pertama se Provinsi Sulsel dalam pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Tak hanya Germas, melalui kader-kader kesehatannya, Gowa juga membawa pulang sejumlah penghargaan bidang kesehatan tingkat Provinsi Sulsel.

Kategori Kader dan Motivator Kesehatan Keluarga diraih oleh Rohani Daeng Te’ne, kader di Puskesmas Tamaona, Kecamatan Tombolopao.

Selain itu, Gowa juga diakui untuk kategori Detektif Kematian Ibu dan Pengelola KIA Desa Terbaik, untuk kategori ini diraih oleh Wina Hariyani, S.ST, Bidan Desa Tonasa yang bertugas di Puskesmas Tombolopao. Kategori petugas imunisasi terbaik diberikan kepada Asni Azis yang bertugas di Dinas Kesehatan Kab Gowa.

Skala dinas, kecamatan hingga sekolah juga mendapat pengakuan di tingkat provinsi.

Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa mendapatkan penghargaan karena memiliki Peraturan Daerah (Perda) TB serta mampu meningkat jumlah penemuan kasus TB secara aktif mencapai 192/100 ribu penduduk melalui Pos TB Desa.

Kategori kecamatan peduli kesehatan olah raga terbaik tiga diraih oleh Kecamatan Bontomarannu. Terakhir kategori lomba sekolah sehat (LSS) SD/MI diraih oleh SDN Limbung Putri.

Menurut Wakil Bupati Gowa, sejumlah penghargaan ini sejalan dengan komitmen Pemkab Gowa.

“Kami bersyukur untuk prestasi yang telah diraih mulai kabupaten, dinas, kecamatan, sekolah hingga kader. Komitmen pelayanan kesehatan merupakan agenda priorita pembangunan di Gowa,” jelas Abd. Rauf.

Hal senada juga disampaikan Kadis Kesehatan Gowa, dr. Hasanuddin.

“Dinas kesehatan terus menggalakkan inovasi, bahkan tiap kecamatan memiliki inovasi sesuai kebutuhan masyarakatnya. Kami tidak sekedar memberikan layanan kesehatan tapi ingin meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Gowa,” rincinya. (*)


BACA JUGA