Antisipasi Anomali Musim Hujan, BPBD Rapatkan Barisan

Selasa, 14 November 2017 | 19:37 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com-Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai melakukan persiapan. Terutama untuk mengantisipasi bencana alam yang ditimbulkan dari anomali hujan.

Terlebih Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar telah mengeluarkan prakiraan puncak musim hujan. Di wilayah pesisir barat Sulsel akan mengalami puncak penghujan mulai Desember sampai Maret.

pt-vale-indonesia

Kepala BPBD Sulsel, Syamsibar mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Salah satu pelatihan dan sosialisasi bagi 1000 relawan yang ada di 24 kabupaten/kota.

Relawan ini merupakan gabungan dari BPBD kabupaten/kota, perguruan tinggi, Basarnas dan beberapa ormas. Mereka merupakan garda terdepan untuk penanggulangan bencana.

“Kita rapatkan barisan, apalagi sekarang sudah masuk cuaca ekstrim. Ini untuk menyatukan kekuatan mulai dari unsur pemerintah, dunia usaha, TNI-Polri dan masyarakat umum,” katanya, usai pembukaan gerakan 1000 relawan di Hotel Sahid, Selasa 14 November.

Menurut Syamsibar berdasarkan pengamatan yang ada sejauh ini belum ada musibah atau bencana terjadi akibat musim hujan. Namun dirinya sudah meminta setiap BPBD kabupaten/kota untuk bersiaga.

“Hasil analisa BMKG sudah keluar. Musim hujan mulai bulan ini terutama pesisir barat. Kalau berlebihan bisa mengakibatkan banjir, tanah longsor dan angin puting beliung,” jelasnya.(*)


BACA JUGA