Kelompok Tani Makassar Terima Bantuan Mesin Pertanian

Selasa, 14 November 2017 | 18:16 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Kelompok Tani Makassar menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Bantuan tersebut diberikan oleh Kepala Badan (Kaban) Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI Muh. Syakir, MS.

Pemberian bantuan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan pertemuan monitoring evaluasi dan database pertanian TA 2017 yang dirangkaikan dengan penandatanganan MOU antara Balitbang Pertanian Kementerian Pertanian RI dengan Pemkot Makassar, Selasa (14/11/2017). Kegiatan tersebut dibuka oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto

Bantuan tersebut berupa tujuh unit Handtraktor diberikan kepada kelompok tani Parinring, Romang Tangnga, Tambasa, Pattukangan, Kassi, Buntusu, Lakkang Lompoa. Delapan unit Cultivator atau alat mesin pengelolaan lahan diberikan kepada kelompok tani Pucuk Merah (Sudiang).

Makmur ( Paccerakkang), Selasih (Bangkala), Mampang dan Bontoa (Barombong). Dan tiga unit Transplanter atau mesin tanam padi diberikan kepada kelompok tani Suka Maju (Bangkala) dan Maminasae (Tamangapa).

Syakir mengatakan novasi yang dikembangkan oleh pemerintah kota Makassar berupa lorong garden hingga badan usaha lorong (BULo) mendapatkan apresiasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian kementerian Pertanian RI.

Menurut Syakir, Pemerintah Kota Makassar telah berhasil mengimplementasikan pertanian modern yang selama ini dikembangkan dan dicita-citakan oleh Kementerian Pertanian. 

Sementara itu, Danny mengaku, pengembangan Badan Usaha Lorong dan Lorong Garden adalah untuk menjawab tantangan kondisi lahan kota Makassar yang mengalami keterbatasan. 

Kehadiran Lorong Garden dan Badan Usaha Lorong telah membuat para petani milenial Makassar mendapatkan wadah untuk menyalurkan hobby bertani sekaligus mendapatkan penghasilan  tambahan. 

“Apalagi kita sudah sudah membentuk UPTD BULo yang akan membeli seluruh produksi Lorong Garden masyarakat kami,” tukas Danny.(*)


BACA JUGA