Pemkab Boven Diegul Papua Belajar Kelola Dana Desa di Gowa

Rabu, 15 November 2017 | 08:44 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boven Diegul, Provinsi Papua belajar mengelola Dana Desa di Gowa. Mereka disambut Sekretaris Daerah, H Muchlis di Baruga Karaeng Pattingalloang, Selasa (14/11/2017).

Tujuan dari kunjungan kerja tersebut ingin belajar terkait pengelolaan dana desa di Gowa. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Boven Diegul, Chaerul Anwar yang juga selaku pimpinan rombongan.

“Kami ingin mengetahui, mengamati dan melihat bagaimana cara pengelolaan dana desa yang baik, yang dapat bermanfaat bagi masyarakat, mengingat akses dan infrastruktur di Kabupaten Boven Diegul masih sangat terbatas, karena jarak antara satu Kampung ke Kampung yang lain memiliki jarak yang cukup jauh, dan banyak yang menyarankan agar kunjungan kerja kali ini dilaksanakan di Kabupaten Gowa,” jelasnya.

H Muchlis mengatakan rasa terima kasihnya atas kepercayaan Pemkab Boven Diegul telah memilih daerah Kabupaten Gowa dalam kunjungan kali ini. 

“Terkait masalah pengelolaan dana desa di gowa, pemerintah telah menerapkan yang namanya Sistem Keuangan Dana Desa (Siskeudes) yang merupakan program dari pemerintah pusat yang telah disosialisasikan BPKP pada bulan November tahun lalu,” tuturnya.

Lebih lanjut, Penerapan Sikeudes ini kata Muchlis dianggap sangat baik dan efektif. 

“Siskeudes sendiri dapat menerapkan sistem manajemen kinerja agar daya serap anggaran dana desa dapat terealisasi dan dikelola sesuai peruntukannya yang bermanfaat bagi masyarakat desa,” lanjut Muchlis.

Dalam kunjungan kerja tersebut tlH Muchlis didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan, H Mappasomba, Asisten Administrasi Umum, Firman Djamaluddin,  dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, H Muh Asrul, beserta jajarannya.(*)


BACA JUGA