Rangkaian HUT ke-410 Makassar, Danny Bagikan Kacamata ke Lansia

Rabu, 15 November 2017 | 17:47 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Masih dalam rangkaian HUT Kota Makassar ke – 410 tahun 2017. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto membagikan kacamata ke lansia, Rabu (15/11/17).

Pembagian kacamata sebanyak 410 unit merupakan bagian dari sosialisasi Lansia Care. Selain membagikan kacamata ke Lansia juga dibagikan ke puskesmas-puskesmas di Kota Makassar. 

pt-vale-indonesia

Danny mengatakan, Makassar dua kali tambah baik yang tercatat dalam RPJMD ini harus mengena ke semua kalangan dan tidak ada batasan umur.

“Makanya itu kita gencar ini program lansia care. Agar masa tua orang tua kita semua bahagia dan senang,” ucapnya.

Hal itu sejalan dengan  tingkatan indeks kebahagiaan di Kota Makassar yang meraih nilai tertingi se- Indonesia.

Danny berharap dengan dijalankannya program Lansia Care, para warga usia lanjut dalam ikut serta dan aktif dalam usaha peningkatan kualitas kesehatan di Kota Makassar.

Untuknya itu, Kata Danny dibutuhkan peran aktif dari Kader Posyandu Lansia (Lansia Care) yang mau dan mampu bekerja bersama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan secara sukarela.

Ada beberapa peran kader dalam melakukan kegiatan penggerakan masyarakat utamanya lansia care. Mengajak warga usia lanjut untuk  berpartisipasi dalam kegiatan dikelompok usia lanjut. Memberikan penyuluhan atau penyebarluasan informasi kesehatan.

“Memberi tahu cara hidup bersih dan sehat, gizi usia lanjut, kesehatan usia lanjut,” tambahnya.

Selain juga menggali dan menggalang sumberdaya, termasuk pendanaan bersumber masyarakat. Menyiapkan tempat, alat-alat dan bahan.

“Pemberian pelayanan usia lanjut, seperti  Mengukur tinggi dan berat badan, Mencatat hasil pelayanan dalam buku register dan KMS, Memberikan penyuluhan perorangan sesuai hasil layanan, hingga melakukan rujukan kepada petugas,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA