Sebelum Deklarasi, 9 Parpol Bakal Tekeng Rekomendasi untuk Danny-Indira

Jumat, 17 November 2017 | 17:53 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) mengumpulkan sembilan partai pengusungnya, termasuk partai non parlemen pada Kamis (16/11/2017) alam.

Kegiatan tersebut merupakan agenda konsolidasi pemantapan sebelum mengelar deklarasi pasangan ‘DIAmi, pada 22 November 2017 mendatang. Konsolidasi ini juga mempertegas bahwa DIAmi akan maju melalui jalur partai politik.

Dalam kegiatan ini, sembilan perwakilan partai politik menegaskan komitmennya untuk memenangkan Danny-Indira pada hajatan politik lima tahunan mendatang. Sekretaris DPD PKS Kota Makassar, Mudzakkir Ali Djamil memastikan, partainya akan mengusung petahana, Danny Pomanto.

“Semua partai pasti ingin jadi pemenang, buat apa kita dukung yang tidak menang? Karena itu, Partai Keadilan Sejahterah memastikan dukungan ke DIAmi,” kata Muda, sapaan akrab Mudzakkir Ali Djamil.

Dipertegas pula, PKS akan ikut pada deklarasi pasangan DIAmi pada 22 November 2017 di Pantai Losari medatang. 

Hal senada dikatakan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Makassar, H Bahar Machmud (HBM). Pihaknya juga turut meyakinkan Danny. Menurutnya, sejak awal PDI Perjuangan telah meyiapkan seluruh struktur partai hingga tingkat ranting mendukung pasangan petahana tersebut.

“Soal rekomendasi pasti ke DIAmi. Itu juga komitmen kami dari awal. Di PDIP, penerbitan Surat Tugas adalah syarat untuk menerbitkan rekomendasi. Kita tidak ada Surat Tugas untuk kandidat lain. Jadi bisa kita pastikan PDIP hanya akan merekomendasikan DIAmi,” tegasnya.

Apalagi sejauh ini, lanjut HBM akronim namanya, tidak ada penolakan sedikit pun dari DPP PDI Perjuangan, terutama Ketua Umum DPP Megawati Sukarno Putri terkait usulan DPW PDI Perjuangan Sulsel dan DPD PDI Perjuangan Makassar untuk merekomendasikan pasangan DIAmi.

Demikian halnya dengan Ketua DPD PAN Makassar Hamzah Hamid. Ia menegaskan jika pilihan partainya sudah dimantapkan mendukung dan menerbitkan rekomendasi untuk DIAmi.

“Semua pengurus sampai ke bawah akan bertandatangan usulan ke DPP PAN untuk membulatkan tekad menerbitkan rekomendasi ke DIAmi. Dari awal kan kita memang telah menjadi bagian dari Pak Danny. Kami juga pastikan PAN hanya untuk DIAmi,” pungkasnya.

Menurutnya, Mainan PAN Makassar beda dengan Provinsi. Bahkan Hamzah mengaku siap mundur dari PAN jika rekomendasi partainya bukan untuk DIAmi.

Sementara itu, Andi Rahmat Manggabarani menyampaikan partai Gerindra juga tidak akan lari dan segera akan menerbitkan rekomendasi untuk pasangan ini.

“Dari awal Gerindra tidak kemana-mana dan tetap komitmen mendukung pak Danny. Kalau ada berita di luar mengatakan Gerindra mengalihkan dukungan ke kandidat lain itu tidak benar. Itu hanya dinamika politik di lapangan. Kami di Gerindra juga tidak pernah melakukan lobby dengan kandidat lain,” ucapnya mantap.

Seluruh partai pendukung DIAmi, yakni PDI-Perjuangan, PPP, PKS, Gerindra, PAN, PKPI, Partai Idaman, Perindo, Beringin Karya  secara lengkap hadir pada kosolidasi yang digelar tadi malam. Semua sepakat akan segera menyerahkan rekomendasi pencalonan pasangan wali kota-wakil wali kota DIAmi sebelum pendaftaran lewat jalur independen ditutup. (*)


BACA JUGA