Beras

Jumlah Penerima Rastra 2018 di Maros Capai 19 Ribu

Jumat, 24 November 2017 | 13:32 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros,GoSulsel.com – Dinas Sosial (Dinsos) Maros merampungkan validasi data penerima beras sejahtera (Rastra) 2018 capai 19 ribu penerima. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinsos (Kadinsos) Maros Muh Alwi.

Muh Alwi mengatakan, data penerima rastra sebelum dilakukan validasi sebanyak 20.026, setelah validasi menjadi 19 ribu. Adanya selisih tersebut disebabkan karena penerima meninggal dunia, pindah domisili atau berubah status menjadi keluarga mampu.

“Penyerahannya pun tidak lagi dalam fisik atau beras tapi akan diserahkan secara nontunai atau melalui rekening keluarga penerima manfaat,” ujarnya, Jumat (24/11/2017).

Pola penyaluran tersebut sesuai dengan kebijakan Kementerian Sosial (Kemensos) yang mengubah pola pemberian subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah yang dulu dikenal dengan sebutan beras untuk rakyat miskin (Raskin).

Keuntungan pola penyaluran rastra ini, selain lebih transparan, sistem nontunai juga memudahkan pengontrolan bantuan. Dengan pola ini, keluarga penerima manfaat (KPM) bebas memilih kualitas beras yang akan dibeli serta kebutuhan pangan lain.

Bantuan nontunai tersebut diperuntukkan membeli kebutuhan pangan tertentu yaitu beras, telur, minyak goreng dan gula.(*)


BACA JUGA