Tim Evaluasi dari DP3A Sulsel Kunjungi SD Angkasa Mandai Maros

Jumat, 24 November 2017 | 14:03 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros,GoSulsel.com – Tim Evaluasi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sulsel mengunjungi SD Angkasa 3 Mandai, Jumat (24/11/2017). Tujuannya adalah, untuk melihat penerapan Sekolah Ramah Anak (SRA).

Tim Evalusi dipimpin oleh Kepala Bidang Data dan Informasi Gender dan Anak DP3A Sulsel, Suciaty disambut dengan lagu three ends yang merupakan lagu kampanye stop kekerasan terhadap perempuan dan anak, yang dibawakan oleh siswa bersama guru SD Angkasa 3 Mandai.

Dalam kunjungannya Tim langsung masuk ke kelas dan berdialog langsung dengan siswa dan bertanya siapa yang pernah mendapat hukuman dan hukumannya apa, kemudian menanyakan apakah siswa merasa senang dan nyaman belajar di SD Angkasa 3, yang disambut dengan jawaban siswa bahwa siswa merasa senang belajar di SD Angkasa 3.

“Tim langsung beri pertanyaan apa yang membuat mereka senang dan siswa memberikan jawaban yg berbeda-beda, ada yg menjawab karena sekolahnya bersih, ada yg menjawab karena guru dan teman-temannya ramah, hal tersebut yang membuat mereka selalu rindu untuk ke sekolah”, kata Suciaty.

SD Angkasa 3 Mandai diajukan oleh DPPPA Maros untuk di evaluasi pelaksanaan SRA bersama beberapa sekokah di Kabupaten/Kota se Sulsel karena sekolah ini, sebelumnya telah mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Sekolah Sehat.

Sekolah ini juga sudah mendeklarasikan sebagai Sekolah Ramah Anak. Disamping itu SD Angkasa 3 Mandai juga memiliki Kantin Kejujuran dan Ruang UKS yang melayani siswa ketika memiliki keluhan gangguan kesehatan.

Dalam kunjungannya Suci menyampaikan bahwa SD Angkasa 3 Mandai sudah menerapkan SRA, hanya perlu melaksanakan simulasi evakuasi ketika terjadi bencana.

“karena SRA juga merupakan Sekolah Tangguh Bencana, jadi ketika terjadi bencana seperti kebakaran, angin kencang dan gempa, siswa sudah mengetahui jalur evakuasi dan berkumpul di titik kumpul yang telah ditetapkan, sehingga tidak ada warga sekolah yang menjadi korban,”katanya.

Setelah mengunjungi SRA di SD Angkasa 3 Mandai, Tim juga mengunjungi Puskesmas Bontoa untuk evaluasi Puskesmas Ramah Anak dan dilanjutkan ke Kantor DP3A Maros.

Kantor ini juga evaluasi layanan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Peremuan dan Anak (P2TP2A), serta inovasi dalam pelaksanaan urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.(*)

 


BACA JUGA