Waspada, Ini Jenis Kanker Saluran Pernafasan yang Membahayakan

Kamis, 11 Januari 2018 | 14:06 Wita - Editor: Baharuddin -

Makassar,GoSulsel.com – Penyakit kanker saluran pernafasan merentang mulai dari  hidung hingga paru-paru. Ada yang tergolong jinak, namun banyak pula yang dikelompokkan sebagai kanker ganas 

dimana pertumbuhan sel-sel kanker berlangsung menyebar cepat ke bagian tubuh lain. Karenanya, kenali jenis-jenis penyakit kanker pernafasan.

Apapun jenis kanker saluran pernafasan yang ada, ketika terkena maka fungsi pernafasan akan terganggu. Pasokan oksigen di dalam sel darah akan berkurang yang akhirnya berdampak pada kinerja organ tubuh yang lain.

Selain itu, kanker saluran pernafasan juga mengganggu kemampuan saluran pencernaan semisal jika terjadi di tenggorokan atau di kerongkongan. Kemampuan menelan makan berkurang karena nyeri yang timbul, hingga berakibat minimnya nutrisi yang masuk ke tubuh. Berikut beberapa jenis kanker pernafasan



1. Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan terjadi akibat sel-sel normal di tenggorokan berkembang menjadi sel abnormal atau sel kanker. Beberapa pemicunya diantaranya oleh rokok, alkohol, virus HPV, virus coxsackie, bakteri stekprotokokus, batuk menahun yang berkepanjangan, kukarangan nutrisi yang baik seperti sayuran dan buah-buahan.

Dampak yang dirasakan akibat kanker tenggorokan adalah demam, kesulitan menelan makanan, batuk, gangguan pada pendengaran dan penurunan berat badan.

2. Kanker Pita Suara 

Penyakit kanker pita suara termasuk jenis kanker ganas yang mana pertumbuhan sel-sel kanker berlangsung cepat. 

Penyebab utamanya boleh jadi karena asap rokok baik perokok aktif maupun pasif, polusi udara, dan minuman beralkohol, Mengkomsumsi makanan yang bersifat asam, junk food dan bergula termasuk makanan yang dibakar, rawan memicu tumbuhnya sel-sel kanker.

Gejala yang mudah dikenali dari kanker pita suara adalah suara menjadi sesak, susah menelan makanan bahkan terasa nyeri, dahak berdahak, telinga terasa sakit hingga ke kelenjar getah bening.

3. Kanker Nasofaring

Kanker pernafasan (nasofaring) ternyata sangat membahayakan. Kanker ini menyerang bagian organ yang terletak di bagian rongga mulut dan hidung yang berhubungan langsung dengan telinga tengah.

Kanker nasofaring merupakan jenis kanker yang tergolong jarang dalam kelompok kanker kepala dan leher. Dalam dunia kedokteran, jenis kanker ini tergolong ganas.

Ciri-ciri atau utama tanda kanker nasofaring diantaranya kesulitan bernafas karena penyempitan pada daerah nasaforing, gangguan berbicara dengan produksi suara yang terdengar sengau, serta adanya gangguan pendengaran.

Selain gejala utama tersebut, gejala lain yang harus diperhatikan diantaranya adanya benjolan di hidung dan 

leher, sakit tenggorokan, kesulitan bernafas dan berbicara, wajah nyeri atau mati rasa, hidung tersumbat dan beberapa gejala lainnya.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti kanker nasofaring. Namun kanker ini sangat erat kaitannya dengan virus epstein-barr (EBV). Kendari [ada infeksi EBV umum, tidak semua orang yang terinfeksi EBV akan mengembangkan kanker nasofaring.

sumber: terapikanker.net


BACA JUGA