Logo BMKG

Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Sulsel 3 Hari Kedepan

Sabtu, 13 Januari 2018 | 12:50 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,Gosulsel.com – Balai Besar Metereologi, Klimatologi & Geofisika wilayah IV Makassar, mengeluarkan peringatan dini hujan dengan intensitas lebat akan terjadi di Sulsel dalam tiga hari kedepan. 

Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Fachri Radjab mengatakan, dalam beberapa hari terakhir ini hujan turun cukup deras di beberapa lokasi di wilayah Sulawesi Selatan. 

pt-vale-indonesia

Curah hujan dalam 24 jam tercatat di Balai Besar MKG Wilayah IV Makassar (113 mm), Stasiun Meteorologi Maritim Paotere (103 mm), dan Stamet Hasanuddin Makassar (85 mm).

“Kondisi ini disebabkan oleh adanya daerah pertemuan angin yang menyebabkan terjadinya peningkatan pertumbuhan awan dan hujan di Wilayah Sulawesi Selatan. Terutama di Sulawesi Selatan bagian barat dan Sulawesi Selatan bagian Selatan,” katanya melalui rilisnya kepada Gosulsel.com

Hujan dengan intesitas Sedang hingga Lebat disertai angin kencang diperkirakan masih berpotensi terjadi dalam 3 hari kedepan terutama di wilayah Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Pinrang, Pare-pare, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Bone, Wajo, Sidrap, dan Luwu.

Tinggi gelombang laut antara 1.25 – 2.5 meter dapat terjadi di Selat Makassar bag.Selatan, Per.Barat Sulawesi Selatan, Perairan Kep. Sabalana, Per.Kep. Selayar dan Teluk Bone bag. Selatan dan Laut Flores.

Mencermati kondisi cuaca tersebut, masyarakat dihimbau agar tetap waspada pada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor. 

Serta jalan licin dan berlubang bagi pengendara. Angin kencang yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh. Hujan yang disertai kilat/petir dan Kenaikan tinggi gelombang bagi kapal berukuran kecil. (*) 

Tags:

BACA JUGA