BNN: Ada 5 Cakada se Sulsel Terindikasi Narkoba

Selasa, 16 Januari 2018 | 17:49 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Badan Natkotika Nasional (BNN) membeberkah ada 5 calon kepala daerah (Cakada) se-Sulsel yang terindikasi positif narkoba & zat adiktif. 

Hal ini dikatakan oleh Kepala bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Sulsel, Jamaluddin usai menyerahkan hasil tes ke KPU Kabupaten/Kota di Graha Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ruko Zamrud, Selasa (16/1//2018).

Sayangnya, tidak membeberkan nama-nama  dan daerah yang dimaksud. 

“Saya tidak tau, daerah mana-mana saja. Saya lupa, nanti tanyakan ke KPU,” kata Jamal.



Meski demikian, dia menjelaskan, bahwa tidak semua yang dinyatakan positif betul-betul memiliki rekam atau riwayat pernah mengkomsumsi narkoba dan sejenisnya. Bisa saja, kata dia, hanya memgkomsumsi obat-obatan.

“Jadi begini, walaupun bukan jenis narkotika. Tidak mutlak bahwa dia harus narkotika. Manakala ada positif tindak lanjutnya, kita periksa ke Jakarta. Ada lima orang,” ucapnya.

Hanya memang, kata dia belum ada indikasi narkotika sejak dini. Indikatornya, kata dia karena berdasarkan surat edaran, bahwa jika terjangkit obat-obatan maka akan dilanjutkan di Jakarta.

“Kan ada 6 alat kita melakukan pemeriksaan, misalnya Morthin, ekstasi, sabu-sabu, ganja dan Benso. Benso ini obat-obatan. Jadi misalnya minum obat batuk bisa saja terdeteksi. Jadi pemeriksaan lanjutan kita ingin mencari tau seperti apa. Jadi karena minum saja paracetamol bisa saja terdeteksi,” ucapnya.(*)


BACA JUGA