#

Strong Voters Danny 60-70 Persen, Lembaga Survei Sebut Sulit Ditumbangkan

Jumat, 19 Januari 2018 | 16:52 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Pilwali Makassar yang bakal diikuti dua pasangan calon atau head to head. Yakni petahana Moh Ramdhan Pomanto yang berpasangan dengan Indira Mulyasari Paramastuti (Danny-Indira) dan pasangan penantang Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu).

Petahana Danny-Indira yang memiliki kekuatan elektoral besar serta pengalaman tanding yang terukur menjadikan penantang harus bekerja keras. Lembaga Survei dan Konsultan Politik, Epicentrun Politica menyebutkan, dari beberapa hasil riset, pemilih garis keras Danny-Indira masih berada diangka 60 sampai 70 persen.

Artinya, sangat kecil peluang penantang untuk mengejar kekuatan pasangan yang menggunakan tagline DIAmi itu. Apalagi, dari berbagai hasil survei, popularitas elektabilitas dan akseptabilitas Danny masih berada di urutan pertama.

“Dari beberapa hasil survey, strong voters dari Danny Pomanto masih diangka 60-70% dengan kata lain Appi-Cicu harus bekerja keras untuk merumuskan strategi jitu untuk bisa melampaui elektabilitas Danny Pomanto sekarang,” kata dia.



Dia mengatakan, skema head to head memang membuat Appi-Cicu memiliki peluang yang diusung oleh koalisi besar. Akan tetapi partai pengusungnya cenderung tidak solid.

Hal ini bukan tanpa alasan, pecahnya soliditas arah dukungan kader partai dikarenakan perubahan arah usungan rekomendasi dan dukungan jelang pendaftaran di KPU beberapa saat lalu. Sehingga bukan hal yang tidak mungkin, secara personal, sebagian kader parpol tetap mendukung DIAmi sekalipun harus secara diam-diam.

“Koalisi besar itu akan efektif jika setiap partai yang berada dibarisan Appi-Cicu berfungsi maksimal dalam menjalankan mesin partai tidak hanya sekedar rekomendasi,” tandasnya.(*)


BACA JUGA