Jelang Pilkada, Sabhara Polres Gowa Gelar Latihan Dalmas

Rabu, 24 Januari 2018 | 18:39 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Jajaran Shabara Polres Gowa mulai intens melakukan Latihan Dalmas di pelataran Museum Tamalate Ballalompoa, Rabu (24/01/2018).

Pelatihan yang dipimpin langsung Kasat Sabhara Polres Gowa, AKP Alhabshy beserta KBP dan para Kanit dan Kasubnit Dalmas, diikuti sebanyak 50 personil.

“Para personil akan diberikan materi bahan latihan dengan melakukan diskusi atas Pemerintah Kabupaten (Perkab) penanganan aksi penanggulangan massa, hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan prosedur dalam menangani unjuk rasa,” kata AKP Alhabshy.

AKP Alhabshy dalam arahannya memberikan memberikan pedoman tata cara menanggulangi aksi massa sesuai Perkab 16 tahun 2005 tentang tata cara penyelenggaraan pengadilan massa.



“Selain itu, juga membahas Perkab No. 9 Tahun 2009 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Pelayanan, Pengamanan dan Penanganan Perkara Penyampaian Pendapat di Muka Umum,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dalam latihan Dalmas itu juga diberikan arahan terkait Perkab No. 8 Tahun 2010 tentang Tata Cara Lintas Ganti dan Cara Bertindak Dalam Penanggulangan Huru-Hara.

“Seluruh Pedoman ini merupakan dasar dilakukannya aksi demo dan keramaian saat situasi hijau (aman), kuning (pembakaran) dan merah (Anarkis),” tambahnya. (*)


BACA JUGA