Komisioner KPUD Maros, Divisi Teknis Penyelenggaraan Mujaddid
#

Pilkada Maros, KPUD Batasi Massa Saat Pendaftaran

Jumat, 28 Agustus 2020 | 22:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maros, membatasi jumlah orang, pada pendaftaran pasangan bakal calon (Paslon) Pilkada, yang dibuka pada 4 sampai dengan 6 September 2020 minggu depan. Pendaftaran akan digelar di Kantor KPUD Maros. 

Komisioner KPUD Maros, Divisi Teknis Penyelenggaraan Mujaddid mengatakan, pihaknya akan membatasi setiap orang yang masuk bersama Paslon. Pembatasan dilakukan selain daripada alasan keamanan, juga untuk menghindari penumpukan massa di situasi pandemik Corona Virus Disiase (Covid-19).

“Yang bisa masuk nanti paling tidak ketua parpol dan sekretaris, paslon dan juga tim pemenangan. Soal jumlah pastinya nanti akan ditetapkan saat rapat koordinasi. Jelasnya, berdasarkan PKPU itu tidak boleh melebihi dari kapasitas ruangan,” ujar Mujaddid, Jumat (28/8/2020).

Mujaddid menjelaskan, pada saat pendaftaran nanti, pihaknya akan memberikan id card kepada setiap orang yang diperbolehkan untuk masuk. Soal jumlah selanjutnya akan dibahas bersama saat rapat koordinasi. 

“Setiap orang yang diperbolehkan masuk diruang pendaftaran diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer dan juga melakukan pengecekan suhu tubuh,” jelasnya. 

Ia juga meminta agar dokumen setiap paslon agar dibungkus menggunakan plastik. Hal ini, lantaran setiap dokumen akan dilakukan sterilisasi. 

“Kami minta agar dibungkus pakai bahan yang kedap cairan karena akan disterilkan nanti,” ucapnya.

Untuk massa setiap paslon yang hendak hadir, pihak KPUD Maros akan menyediakan tenda khusus di halaman kantor KPUD dan juga media visual LCD yang terkoneksi langsung dengan suasana pendaftaran. 

“Tetap kita imbau agar massa pendukung untuk tidak datang saat pendaftaran agar tidak terjadi penumpukan massa diare KPUD Maros,” imbuhnya. 

Dalam mematangkan persiapan menghadapi masa pendaftaran, KPUD Maros akan melakukan simulasi pendaftaran pada tanggal 2 September minggu akan datang. Hal ini untuk memprediksi waktu yang akan digunakan setiap paslon saat mendaftar nanti. 

“Kita akan ukur saat simulasi bersama dengan pihak keamanan. Sekaligus untuk mengevaluasi apa-apa yang menjadi kekurangan,” kata Mujaddid. 

Sementara itu, kepada setiap paslon yang akan melakukan konsolidasi dan konsultasi. KPUD Maros menyiapkan help desk, “Lebih jelasnya silahkan datang langsung ke help desk yang telah disediakan,” tutupnya.(*)


BACA JUGA