Begini Isi Gedung Baru Unifa yang Diresmikan Jusuf Kalla

Jumat, 26 Januari 2018 | 10:06 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com– Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pagi ini meresmikan gedung baru kampus Universitas Fajar (Unifa), Jumat (26/1).

Lokasi peresmian dilakukan di Ballroom kampus yang berkapasitas 1.000 hingga 1.500 orang. Kampus yang beralamat di Jl Prof Basalamah ini memiliki 9 lantai.

Untuk diketahui gedung baru yang akan diresmikan tersebut dirampungkan dalam kurun waktu dua tahun dan menghabiskan anggaran sekitar Rp100 miliar.

Menurut Ketua Yayasan Pendidikan Fajar Ujung Pandang, Ridwan Arief, ruang perkuliahan mahasiswa dirancang khusus untuk merangsang kreatifitas mahasiswa.



Selain ruang perkuliahan, berbagai fasilitas disiapkan untuk membuat mahasiswa betah di kampus. Ruang perkuliahan dalam bentuk teater. Ada yang berkapasitas hingga 100 mahasiswa, ada pula yang berkapasitas 200 orang.

Lanjutnya, belajar tak hanya di dalam kelas saja. Mahasiswa bakal lebih nyaman berinteraksi di ruang teater kuliah itu. Juga disiapkan ballroom yang siap menampung 1.500 mahasiswa.

Mahasiswa juga bisa menikmati fasilitas laboratorium yang lebih lengkap. Mulai laboratorium komputer, komunikasi, dan teknik. “Kita harapkan mahasiswa turut memeliharanya dengan baik,” tutur Ridwan.

Gedung baru itu pun menerapkan konsep green building. Penggunaan listriknya sangat efisien. “Pokoknya gedung akan menghadirkan fasilitas akademik yang lebih kondusif,” dia mengimbuh.

Gedung yang akan diresmikan itu nantinya dapat melipatgandakan kapasitas mahasiswa.

“Sekarang kan 4.000 mahasiswa. Ke depan, bisa sampai 8.000 mahasiswa,” sebut dia.

Ada pun bagian gedung berdasarkan lantainya, yakni basement sebagai tempat parkir dan ruang aktivitas mahasiswa, lantai satu ballroom, lantai dua ruang fakultas dan program studi, serta lantai tiga merupakan perpustakaan dan laboratorium.

Lantai empat hingga delapan merupakan ruang kelas. Lantai sembilan ruang rektorat, yayasan, serta pembina. Gedung tiga lantai di sebelahnya difungsikan sebagai ruang pelayanan akdemik dan teater kuliah. (*)


BACA JUGA