Ketua PMI, Jusuf Kalla saat berbincang bersama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah di Posko Covid-19 Sulsel, Rabu (17/6/2020)

Bahas Kasus Corona di Indonesia, Jusuf Kalla: Naiknya Sangat Luar Biasa

Kamis, 18 Juni 2020 | 00:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla (JK) meminta agar masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) serius dalam menghadapi pandemi Corona atau Covid-19. Saat ini, kasusnya kian meningkat di Indonesia.

Apalagi di Sulsel, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 RI telah menyebut Sulsel sebagai salah satu episentrum penyebaran virus ini. Olehnya, dikatakan JK, virus ini tidak dianggap enteng bagi masyarakat.

“Jangan dianggap enteng ini masalah. Di dunia ini sudah delapan juta dalam waktu beberapa bulan. Di kita naiknya sangat luar biasa,” tegas JK saat konferensi pers di Posko Covid-19 Sulsel, Rabu (17/6/2020).

Menurut pria asal Bone ini, ada hal yang perlu diperhatikan dalam mengurangi dan menyelesaikan masalah Covid-19 ini. Pertama ialah harus cepat dan tegas agar masyarakat menjaga dirinya. Lalu terus waspada kemudian menjaga lingkungan sekitar.



“Pemerintah bersama-sama PMI mengintervensi untuk memastikan virus itu dimana pun itu tempatnya, untuk mengurangi korbannya itu yang kita bicarakan,” ungkap JK.

Sesuai instruksi dari Presiden RI, Joko Widodo, yang mengatakan bahwa protokol kesehatan agar diperketat lagi. JK berpesan agar terus mengikuti imbauan pemerintah, demi senantiasa melindungi diri dari Corona.

“Kita harus bersama-sama, termasuk media untuk mengedukasi kepada masyarakat untuk tetap menjaga diri, tetap pakai masker, tetap jaga jarak, tetap cuci tangan, terus menerus untuk menghindari itu,” pesannya.(*)


BACA JUGA