Terobosan Program Pendidikan IYL Layak Jadi Kiblat di Indonesia

Senin, 05 Februari 2018 | 14:26 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Baharuddin - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Mantan Bupati Gowa dua periode  (2005 – 2015) Ichsan Yasin Limpo (IYL) sangat pantas menyandang gelar “pendekar” pendidikan dari Timur.

Selain mottonya dari Gowa untuk Indonesia, Ketua PMI Sulsel ini juga memiliki banyak keberhasilan khusus di bidang pendidikan.

pt-vale-indonesia

Hal dibuktikan dengan berbagai kebijakan yang sangat strategis dihasilkan selama 10 tahun memimpin Kabupaten Berjuluk Butta Bersejarah.

Dan keberhasilan yang ditorehkan khusus di bidang pendidikan selama memimpin Gowa bukan hanya pada level nasional bahkan Internasional dengan menyabet penghargaan Literacy Price dari Unesco.

Atas kebijakan yang diambil dalam bidang pendidikan selama memimpin itu, melahirkan berbagai apresiasi bahkan pujian dari tokoh masyarakat Gowa.

Seperti diutarakan, Dr H Hannabi Rizal, bahwa kebiajakan IYL yang akrab disapa Punggawa ini dalam memajukan pendidikan di daerahnya sangat besar dalam berbagai aspek.

“Kebijakan pendidikan gratis total yang dicanangkan di era kepemimpinan Pak IYL sangat membantu masyarakat ekonomi lemah yang setiap tahun ajaran baru dipusingkan biaya sekolah anaknya namun atas programnya itu orang tua bisa tenang,” ujar Hannabi saat dikonfirmasi, Senin (5/2/2018).

Bukan hanya itu, lanjut Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kabupaten Gowa ini, inovasi pendidikan lainnya di era pemerintahannya, yakni Program Investasi SDM Seperempat Abad sangat dirasakan manfaatnya.

“Untuk program ini sangat dirasakan karena membantu masyarakat yang cerdas melanjutkan pendidikan hingga kuliah di perguruan tinggi tanpa mengeluarkan biaya,” jelas mantan Asisten II di era Kepemimpinan IYL periode pertama.(*)


BACA JUGA