BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Tetap Tinggi

Rabu, 07 Februari 2018 | 23:58 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2018 diperkirakan tetap tinggi. Tahun ini diperkiran pertumbuhan ekonomi masih berada pada kisaran 7,0% – 7,4%.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan Amanlison Sembiring, saat memaparkan pertumbuhan ekonomi Sulsel di Kantor Perwakilan BI Sulsel, Rabu (07/02/2018).

pt-vale-indonesia

Ekonomi Sulsel akan terus melanjutkan perbaikan terutama ditopang permintaan domestik. Permintaan domestik tersebut adalah konsumsi rumah tangga dan investasi.

Hal tersebut diprediksi didukung oleh peningkatan pagu anggaran untuk APBN dan pengelolaan anggaran yang lebih baik serta perbaikan aktivitas ekspor, seiring trending up harga internasional nikel dan coklat serta peningkatan ekonomi mitra dagang utama.

Di samping itu, munculnya kelas menengah baru diimbangi dengan tambahan investasi (pembangunan perumahan, rumah sakit, perguruan tinggi, dan pusat perbelanjaan baru), dan berkembangnya hilirisasi agroindustri, pariwisata, dan jasa kesehatan serta perkiraan beroperasinya beberapa proyek infrastruktur pada tahun 2018 seperti Makassar New Port akan mendorong ekonomi Sulsel tumbuh lebih tinggi.

“Namun sebagai tahun pemilu, berbagai pihak harus menjaga suasana kondusif Sulsel. Namun juga di tahun 2018 masih ada tantangan ketimpangan dan modal sumber daya manusia yang masih harus didorong,” tutupnya.(*)


BACA JUGA