BI Sulsel Beri Beasiswa ke 20 Mahasiswa PTN di Makassar

Selasa, 13 Maret 2018 | 07:39 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar,Gosulsel.com – Sebanyak 120 mahasiswa tingkat S1 dari tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Makassar mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel Bambang Kusmiarso mengemukakan, beasiswa tersebut merupakan upaya yang BI lakukan sesuai instruksi dan arahan komisi XI untuk meningkatkan beberapa kegiatan-kegiatan yang terkait dengab pendidikan beasiswa kepada masyarakat.

“Berharap beasiswa ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ini adalah tindak lanjut dari program sosial Bank Indonesia secara nasional dengan Komisi XI DPR RI,” kata saat ditemui pada acara penyerahan beasiswa di Hotel Ibis Style Ratulangi, Senin (12/03/2018).

Dikatakannya, anggaran yang telah dialokasikan oleh Bank Indonesia sebesar Rp 1,080 miliar untuk beasiswa di tiga perguruan tinggi di Kota Makassar yaitu Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Makassar.

Mahasiswa penerima beasiswa dari Unhas sebanyak 20 orang akan mendapatkan biaya pendidikan sebesar Rp 1,5 juta setiap bulan per orang. Sementara itu, 50 penerima beasiswa UNM akan mendalatkan Rp 1 juta setiap bulan per orang, dan 50 penerima beasiswa UIN akan mendapatkan Rp 1 juta setiap bulan per orang.

Bambang menjelaskan, pemberian beasiswa tersebut kedepannya juga aksn menyasar Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

“Namun dari tahun ke tahun kita akan evaluasi dan lakukan perbaikan termaksud melakukan perluasan ke tingkat Perguruan Tinggi Swasta sesuai arahan DPR,” tambah Bambang.

Terkait hal itu, HM Amir Uskara M Kes Anggota DPR RI menilai konsep BI dalam merealisasikan Indonesia cerdas lewat bantuan sosial biaya pendidikan, sejalan dengan konsep pemerataan pendidikan untuk masyarakat Indonesia di setiap daerah yang dicanangkan Komisi XI.

“Kita minta ke BI untuk memperluas jumlahnya sampai ke Perguruan Tinggi Swasta. Saat ini kita sudah diskusikan jangan hanya PT Negeri yang dibantu menerima beasiswa. Tapi juga swasta juga harus dipilih dan mereka juga berkompeten,” tutupnya.(*)


BACA JUGA