Adnan Purichta Hadiri Peresmian Balla Kayu di Gowa

Jumat, 16 Maret 2018 | 19:00 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan hadir dalam peresmian Balla’ Kayu (Rumah Kayu) oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, di jalan Tumanurung II Sungguminasa, Gowa.

SYL mengatakan, Balla’ Kayu ini merupakan peninggalan orang tuanya yang dia pindahkan dari Sidrap dan di dalamnya ada beberapa galeri dan koleksi keris miliknya.

“Didalam itu ada galeri, foto saya ketika menjadi lurah, bupati dan gubernur saat ini. Mulai dari baju sampai jimat saya yang diberikan Muhammadiyah meskipun saya kurang percaya jimat. Selain itu, ada koleksi keris saya sebanyak 137 yang diberikan oleh kepala desa dan bupati se-Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Lanjut SYL, dirinya mengungkapkan Balla Kayunya ini akan dibuatkan perpustakaan, tepatnya dilantai satu. Perpustakaan ini akan berisi buku-buku tentang SYL, tentang Politik dan pemerintahan sebanyak 10 ribu.

“Perpustakaan ini bisa digunakan untuk semua sarjana dan IPDN yang mau belajar tentang politik dan pemerintahan, ini juga dibuka untuk umum. Saya bawa juga kursi ku waktu masih jadi bupati,” ungkap orang nomor satu di Sulsel ini.

SYL bahkan akan membangun PAUD di Balla Kayu ini, sehingga pegawai negeri yang memiliki anak bisa menitipkan anaknya saat bekerja.

“Kami siapkan 20 tempat tidur untuk penjaganya, ada juga tempat bermain anak, serta taman agrowisata, ada sayuran karena saya ingin anak-anak dari kecil tahu yang bagaimana itu cabe,” ujar SYL dihadapan koleganya yang hadir.

Terpisah, ketua panitia pembangunan Balla Kayu, dan juga selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga, Amin Yacob mengatakan jika Balla Kayu ini dikerjakan selama Tiga tahun.

“Kami bangun rumah ini selama Tiga tahun, anggarannya dari uang pribadi pak Syahrul. Sehingga lama selesainya, karena tunggu ada pi lagi uangnya pak Syahrul baru dilanjut pembangunanya,” terangnya.

Terkait dana pembangunan, Amin menuturkan bahwa tidak mencapai 1 Miliar, yang jelas kata Amin hanya senilai ratusan, untuk jumlah detailnya dirinya mengaku tidak mengetahui secara pasti.

Dalam peresmian ini, Adnan tak sendirian, dirinya didampingi Ayahanda tercinta Ichsan YL, anak-anak SYL, Indira Chunda Thita Syahrul, Kemal Redindo Syahrul Putra, cucunya Radisyah Melati dan anak dari Kemal Redindo. (*)

 


BACA JUGA