IPI: Wacana Kotak Kosong Perlu Diwaspadai

Senin, 26 Maret 2018 | 15:31 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Lembaga survei dan konsultan politik PT Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI), menyebut wacana kotak kosong di Pilwali Makassar tidak terlepas dari campur tangan kerabat pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu), yang berpengaruh di level nasional.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur PT IPI, Suwadi Idris dikutip dari rilis yang diterima GoSulsel.com, Senin (26/3/2018).

“Sebuah hal yang lumrah kalau kita membantu keluarga, jadi memang pengaruh kerabat ini juga sulit dihindari, tapi tugas kita semua untuk memantau proses jalannya proses demokrasi ini,” ungkap Suwadi.

Suwadi berpendapat, KPU sedang menghadapi ujian berat lantaran melawan hegemoni atau kekuatan besar di belakang Appi tersebut.

Olehnya, semua pihak perlu melibatkan diri untuk mengawasi dan mengikritisi jangan sampai ada kecurangan yang dapat merugikan pihak tertentu. “Betul, tapi kalau itu masih normatif maka kita tempatkan sebagai bagian dari proses demokrasi,” imbuhnya.

Meski demikian, di Pilkada manapun kotak kosong kata dia selalu memberikan pembelajaran demokrasi yang buruk kepada masyarakat. Memberikan kesan bahwa masyarakat dipaksa kepada satu pilihan saja. 

“Di sinilah peran elite harus jernih melihat masalah tersebut, ini juga demi menghindari kegaduhan di tengah tensi politik yang terus meningkat di Makassar,” imbaunya.

Terlepas dari itu, tren positif yang diraih Danny sejauh ini memberikan peluang besar untuk memenangkan Pilkada jika tetap head to head tetap berlangsung.

“Berdasarkan hasil riset hampir semua lembaga survei baik lokal dan nasional menempatkan pak Danny di posisi tertinggi sehingga berpeluang memenangkan Pilkada, diatas kertas DIAmi sebenarnya mengungguli rivalnya tersebut,” jelas Suwadi.

Menurut Suwadi, keunggulan Danny terbaca pada jejak rekam kepemimpinannya yakni kerja nyata dan prestasi yang baik sehingga kepercayaan masyarakat masih cukup besar. 

“Dan jaringan pak Danny sebagai petahana juga tak boleh dipandang sebelah mata, kita lihat hubungan beliau dengan elit juga sangat baik, apalagi masih ada beberapa parpol di belakang pak Danny, tentu mereka juga akan bekerja untuk kemenangannnya,” ungkap Suwadi.(*)

pt-vale-indonesia


BACA JUGA