Mendagri Resmi Lantik Soni Sumarsono jadi Penjabat Gubernur Sulsel

Senin, 09 April 2018 | 13:15 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com  – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melakukan Pelantikan Penjabat dan Serah Terima Jabatan Gubernur Sulsel, di Ruang Pola Kantor Gubernur, Senin (9/4/2018). Mendagri melantik Dirjen Otonomi Daerah (Otoda) Soni Sumarsono sebagai Penjabat Gubernur Sulsel.
Pelantikan Soni sebagai Gubernur Sulsel setelah masa jabatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) berakhir pada 8 April 2018. SYL menjabat Gubernur Sulsel selama sepuluh tahun sejak tahun 2008
“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” demikian kutipan sumpah jabatan Soni Sumarsono yang mengukuti ucapan Mendagri.
Usai pengucapan sumpah jabatan, dilanjutkan dengan penandatanganan sumpah jabatan, dan penandatanganan pakta integritas. Selanjutnya tanda pemasangan tanda pangkat jabatan. Serta Surat Keputusan (SK)  Presiden diserahkan oleh Mendagri.
Kemudian serah terima jabatan dari SYL kepada Soni Sumarsono, yang diawali dengan penandatanganan serah terima jabatan diakhiri dengan penyerahan memori jabatan.
Gubernur SYL berterima kasih atas acara pelantikan dan serah terima jabatan ini, serta segala hal yang telah diberikan atas kebersamaan selama sepuluh tahun.
“Saya tahu acara ini tidak biasa,  karena kecintaan yang ada sehingga diberi kesempatan. Hari ini saya menyempurnaakan pengabdian di Sulsel,” kata SYL.
Ia didampingi Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang memberikan sambutan dan menyebutkan dibawah kepemimpinan mereka memposisikan Sulsel pilar Indonesia.
“Semua unsur negara semua patuh pada pemerintah, izinkan saya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih, sejak sepuluh tahun bersama. Terima kasih,” sebutnya.
Mendagri, pemerintah pusat berterima kasih atas pengabdian mereka dan Sulsel menjalankan program pemerintah pusat dengan baik.
“Atas nama pemerintah pusat menyampaikan terima kasih atas dedikasi, pengabdian dan loyalitas 10 tahun yang dilaksanakan oleh Pak SYL dan Pak Agus,” ucapnya.
Selanjutnya, SYL bersama istri Ayunsri Harahap bersilaturahim bersama ASN lingkup Pemprov Sulsel dan dilepas oleh masyarakat sepanjang dari Kantor Gubernur hingga Masjid Syekh Yusuf Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA