Penjelas Status Karebosi Link, Penjabat Gubernur Temui Menteri BPN

Rabu, 11 April 2018 | 16:27 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Soni Sumarsono turun tangan menyelesaikan persoalan status lahan Karebosi Link (KL). Terlebih ini menyangkut aset negara yang terancam hilang.

“Saya akan bantu selesaikan sampai di level menteri, karena selama ini diurus terkendala di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pusat, saya kira saatnya saya ‘turun gunung’ untuk menyelesaikan,” kata Soni, Rabu (11/4/2018).

Ia menjelaskan, sampai saat ini status kepemilikan lahan salah satu pusat perbelanjaan yang awalnya dibangun di bawah tanah Lapangan Karebosi tersebut belum jelas.

Padahal, lanjutnya, dalam jangka waktu 30 tahun,  jika status lahan tersebut tidak jelas, maka secara fasilitas tersebut bisa menjadi milik investor.

“Negara dirugikan, karena asetnya hilang, mau? Jawabannya tidak, karena itu, ini harus diselesaikan,” tegasnya.

Sebelumnya, kata dia,  pada Selasa (10/4/2018)  pihaknya telah mengunjungi pusat perbelanjaan tersebut. Usai kunjungan itu, pihaknya langsung menelpon pihak Menteri BPN.

Menteri BPN/ Menteri Agraria dan Tata Ruang, lanjutnya, bersedia menerima pihaknya untuk membicarakan masalah ini. “Sore ini saya terbang ke sana, dan menemui Menteri BPN untuk membahas masalah ini,” pungkasnya.

Diketahui, Karebosi Link yang berdiri sejak Oktober 2003 tersebut dibangun di atas tanah milik negara. Sampai saat ini Hak Pengelolan Lahan (HPL) lokasi tersebut belum jelas. (*)


BACA JUGA