Dinkes Gowa Raih Penghargaan Public Service Of The Year Sulsel 2018

Rabu, 18 April 2018 | 17:59 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

MAKASSAR, Gosulsel.com — Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa mendapatkan apresiasi dari Mark Inc Plus yakni Penghargaan Public Service of The Year Sulawesi Selatan 2018 yang berlangsung di Grand Clarion Hotel, Makassar, Selasa (17/4) lalu.

Penghargaan ini diterima Dinkes Gowa karena telah melakukan berbagai inovasi dan terobosan dalam bidang kesehatan. Hal ini disampaikan langsung Kadis Kesehatan Gowa, dr Hasanuddin saat ditemui disela-sela kunjungan Bupati Gowa beserta jajaran pemkab Gowa ke Kecamatan Bontonompo, Rabu (18/4) kemarin.

“Penilaiannya itu berupa program-program inovasi Dinas Kesehatan, Inovasinya itu tiap Puskesmas ada. Dan minimal 4 Inovasi dalam satu puskesmas. Di Gowa sendiri ada 26 Puskesmas. Contohnya saja pallangga itu ada 10 inovasinya,” jelas dr Hasanuddin.

Lebih lanjut, dr Hasanuddin mengatakan, inovasi tersebut dapat berupa pelayanan, program kesehatan, misalnya bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masayarakat.

“Ada yang namanya Juleha (jumat lansia sehat) ada juga yg namanya Saleha (sabtu lansia sehat), sedangkan di bontonompo sendiri  ada yang namanya Akino (angka kematian ibu nol), sedang di bontonompo selatan ada yang namanya cinlok (cinniki loro kirampuang sai) atau dalam bahasa indonesianya Lisa (lihat sampah ambil) ada juga sambalado (sampah ambil dong) ada intelejen KIA yg bertujuan mengurangi resiko ibu hamil,” terangnya.

dr Hasanuddin bahkan menjelaskan, di tingkat Sulawesi Selatan hanya gowa yang menerima penghargaan tersebut di bidang kesehatan.(*)


BACA JUGA