Kontribusi SYL di Buku Gelombang Prestasi dari Pesisir Bahari

Rabu, 25 April 2018 | 11:18 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,Gosulsel.com – Mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL), menerima kunjungan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Sulkaf S Latief, di kediamanannya di Kompleks Bumi Permata Hijau (BPH), Jl Sultan Alauddin Makassar, Selasa (24/4/2018).

Sulkaf menyerahkan buku yang ditulisnya kepada Gubernur Sulsel dua periode ini dengan judul “Gelombang Prestasi dari Pesisir Bahari”. Buku ini berisi catatan rangkuman pidato, arahan dan prestasi SYL di bidang perikanan dan kelautan di Sulsel selama 10 tahun.

pt-vale-indonesia

SYL menyambut baik dan memberi apresiasi yang tinggi terhadap buku yang ditulis Sulkaf. Sekaligus menegaskan bahwa prestasi yang dicapai Pemerintah Sulsel melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel karena mampu menempatkan potensi bahasi sebagai sebuah konten lokal.

“Ini karena Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel mampu memelihara dan menjaga potensi bahari kita di Sulsel dan telah menempatkan Sulsel sebagai penyanggah utama nasional di bidang budidaya laut,” kata SYL, saat menerima buku dari Sulkaf S Latief.

Sulkaf menjelaskan, buku ini hadir sebagai napak tilas apa yang dilakukan oleh SYL selama memimpin Sulsel.

“Itulah yang coba kami buat di bidang kelautan dan perikanan, terutama untuk budidaya, karena selama dibawah kepemimpinan Pak SYL kita selalu juara, kalau bukan juara satu, kita juara dua atau juara tiga saja, di bidang ini kita paling kuat,” sebutnya.

Di budidaya Sulsel kuat untuk komoditi rumput laut, udang vaname atau windu serta ikan bandeng. Hambatan dan tantangan juga dituliskan dalam buku ini.

Awalnya, buku ini akan diserahkan ke SYL sebelum menyelesaikan jabatannya sebagai Gubernur pada tanggal 9 April lalu.

Sedangkan, Bachtiar Adnan Kusuma selaku editor mengatakan, buku ini telah selesai dicetak pada 2 April lalu, sedangkan ia menyusun sejak bulan Januari tahun ini.

Buku ini sendiri dicetak sebanyak 1.000 eksemplar. Selain diberikan langsung kepada SYL juga telah diberikan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan se Sulsel serta stakeholder terkait, juga akan disebar ke perpustakaan-perpustakaan yang ada di Sulsel.

Buku ini juga nantinya akan dihadirkan di perpustakaan museum Balla Kayua di Kabupaten Gowa. Buku yang diterbitkan Yapensi ini, menurut rencana akan diluncurkan Mei 2018 mendatang.(*)


BACA JUGA