Ujian Nasional Usai, Ini Siswa Peraih Nilai tertinggi di Sulsel

Kamis, 03 Mei 2018 | 14:36 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com —Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan merilis beberapa data hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK.  Tahun ini nilai rata-rata UN di setiap sekolah hampir mengalami penurunan.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan kelulusan siswa bukan hanya diukur dari pelaksanaan UN tapi juga masih ada USBN. Karena itu, meski hasil UN siswa rendah masih ada USBN yang bisa membantu.

“UN hanya memetakan bukan peringkat lagi. Tapi saya jamin  tahun ini berintegritas 100 persen dengan sisi parameter UNBK. Kalau lihat nilai pasti rendah karena tidak ada yang bisa ajar dan nyontek,” katanya, usai pelaksanaan Hardiknas di Rujab Gubernur Sulsel, kemarin.

Lebih jauh None panggilan akrab irman yasin Limpo menyebutkan ke depan pelaksanaan UN dengan menggunakan kertas dan pensil sudah tak jaman lagi. Dirinya berharap pencapain UN tahun ini jangan dianggap sebagai kinerja pendidikan di Sulsel.

“Untuk apa peringkat, toh tidak dipakai juga di perguruan tinggi. Sekarang yang kita nilai adalah masalah proses, ini bisa dilihat di semester 5 dan 6,” jelasnya.

Dari data Dinas Pendidikan Sulsel, perolehan nilai tertinggi UN jenjang SMA jurusan IPA diraih oleh Nata Nagata Yusuf dari SMA Katolik Rajawali (total nilai 375,5), Felicia Leonardi dari SMA Zion Makassar (375) dan Mochammad Lutfihariyadin dari SMAN 17 Makassar (373).

Untuk jurusan IPS, nilai tertinggi diraih Prisilia Angelina Tanwil dari SMA Katolik Rajawali (365,5), Pricilia Meidy Winengko dari  SMA Katolik Rajawali (349,5) dan Aldeline Natasha dari SMA Dian Harapan Makassar (340).

Untuk jurusan Bahasa, diraih Nur Indah Sari Rusmayani dari SMAN 7 Wajo (318,8), Priska Novita Malaga dari SMAN 5 Tana Toraja (298,5) dan Beno Prabowo dari SMAN 1 Bone (297,5).

Sementara untuk SMK, nilai tertinggi diraih Aliyah Mardiyah dari SMKN 11 Makassar (360), Inggrid Krisyantana dari SMKN 11 Makassar (353), Alfian Dwi Pangestu dari SMKN 1 Pangkep (348,5), Muhammad Israq dari SMKN 11 Makassar (345) dan Windah Afryani dari SMKN Kehutanan (343,5). (Mirsan) 


BACA JUGA