FOTO: Penandatanganan MoU antara Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo (kedua dari kanan) dan Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhanni (kedua dari kiri). 22/08/2019 Mirsan Gocakrawala

UIN Alauddin Sediakan Jalur Khusus Bagi Ketua OSIS SMA/SMK

Jumat, 23 Agustus 2019 | 09:26 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) serentak yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang membuka jalur khusus untuk alumni ketua OSIS.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Rektor UIN Makassar, Prof H Hamdan Juhannis  dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (22/8/2019) di Ruang Rapat UIN Makassar.

pt-vale-indonesia

Dalam sambutannya, Hamdan, menuturkan bahwa  MoU ini merupakan tindak lanjut lawatan Kadis Pendidikan Sulsel beberapa waktu lalu yang melakukan audens memperkenalkan program pilketos.

“Saya salut dan mengucapkan terima kasih  kepada Pak Irman. Program ini merupakan ide kreatif yang elegant.  Insya Allah, akan didukung sepenuhnya,” tutur Hamdan.

Ia juga mengungkapkan  bahwa program ini mendapat apresiasi positif karena program pilketos liner dengan motto  UIN Alauddin  Makassar, Pencerdasan, Pencerahan, Prestasi (Intelligence, Enlightenment, Achievement).

“Ide pak kadis bisa diadopsi di kampus. Program ini akan  dikolaborasi dengan kebutuhan kita. Dan secara tehnis penerimaan jalur khusus akan dikomunikasikan dengan proaktif.  Salah satu  sasaran yang ingin dicapai meningkatnya kualitas sistem manajemen, kepemimpinan, dan kelembagaan yang sehat serta terwujudnya tata ruang, lingkungan, dan iklim kampus yang Islami,” kata Hamdan.

Sementara Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel, Irman Yasin Limpo, mengaku bahwa nawaitu akan lahirmya program ini semata keyakinannya akan potensi anak anak didik di tingkat sekolah menengah di Sulsel.

“Insya Allah, kita melaksanakan  program melalui e voting, yang menganut asas kelayakan dan kepatutan. Agar nantinya menghasilkan calon pemimpin yang berintegritas,” kata Irman.

Adapun untuk pelaksanaan pilketos dilakukan secara serentak. Dan proses seleksi juga akan dikemas lebih smart.

“Anak anak didik kita memiliki diksi yang luar biasa. Kita akan mengukur kemampuannya dengan selektif. Nanti ada debat yang beragam tema seperti  kreatifitas, prestasi hingga tema religius. Selain itu akan ada kampanye kreatif,” terang Irman akrab disapa None.(*)


BACA JUGA