Buku Sebulan di Negeri Manga Launching di MIWF 2018

Jumat, 04 Mei 2018 | 17:07 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Hikmat Darmawan melaunching salah satu buku karyanya yang berjudul Sebulan di Negeri Manga.

Launcing tersebut digelar Makassar International Writers Festival (MIWF) 2018, dan dibincangkan di La Macca Creative Corner, Jumat (4/5/2018)

Sebulan di Negeri Manga merupakan buku yang menceritakan kisah Hikmat Darmawan dalam melihat budaya Manga yang ada di Jepan.

Menurutnya, buku tersebut awalnya telah rampung pada tahun 2010, namun belum juga dipublikasikan.

“Sebenarnya naskahnya sudah jadi pas di Jepan tahun 2010 bagian satu dan dua. Nah yang bagian ketiga itu update seminggu di negeri Manga itu selesai sekitar dua bulan lalu.” ujar salah satu kurator.

Ia juga menjelaskan latar belakang penulisan buku tersebut mereupakan pengalaman pertama kali penulis ke Jepan dan melihat segi budayanya yang unik.

“Itu pertama kali ke Jepan, tidak hanya isi penelitiaannya sendiri, melainkan aspek hidup sehari-harinya, dan yang menarik adalah segi budayanya. Makanya ditulislah.”

Sebulan di Negeri Manga Sendiri diterbitkan oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama dengan visual yang menarik. Sangat dekat dengan isi kajian budaya populer negeri sakura tersebut.

Pada launching buku yang dipandu oleh Nurabdiansyah tersebut yang dirangkaiakan dengan talkshow terhadap perkembangan budaya pop, terutama komik.

Lebih jauh, Hikmat Darmawan menaruh satu optimisme terhadap perkembangan komik di Indonesia sendiri.

“Kita diambang kemajuan, tinggal bagaimana memaksimalkannya,” ujar kritikus komik tersebut. (*)


BACA JUGA