Upaya Peningkatan Pemahaman Kesehatan Reproduksi, Dinkes Gowa Gelar Sosialisasi

Kamis, 10 Mei 2018 | 15:27 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa memberikan Sosialisasi Kespro Calon Pengantin di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Rabu (9/5/2018).

Sosialisasi ini sebagai upaya meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi di kalangan masyarakat.

Sosialisasi ini diberikan kepada Bidan, Pegawai Puskesmas, Tenaga Kesehatan lainnya serta berbagai lapisan masyarakat dan dibuka oleh Sekretaris Kabupaten Gowa H Muchlis.

Muchlis dalam sambutannya mengatakan bahwa program Germas Hidup Sehat ini merupakan program strategis pemerintah dalam mempersiakan generasi muda yang sehat dan tangguh sesuai dengan Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas.

“Gerakan ini tidak hanya menyasar kaum dewasa maupun lansia melainkan semua kategori termasuk Calon Pengantin (catin) dan merupakan sasaran penting dalam program germas ini,” Tambahnya.

Mantan Kepala Bappeda ini juga menjelaskan bahwa saat ini permasalahan dan tantangan dalam upaya pelayanan kesehatan.

“Dilihat dari data survei penduduk antar sensus tahun 2015 yang mana angka kematian ibu dan anak yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup dan angka kematian bayi yaitu 22,23 per 1000 kelahiran hidup serta masih rendahnya status kesehatan perempuan. Hal inilah yang mendasari diadakan sosialisasi seperti ini,” rinci Muchlis.

Turut hadir dalam acara sosialisasi ini Anggota Komisi IX DPR RI Alya Mustika Ilham, Perwakilan Direktorat Kesehatan Keluarga  Kemenkes RI dr. Yenni Yuliana, Kadis Kesehatan Gowa dr Hasanuddin dan Perwakilan Kadis Kesehatan Provinsi Marni Ahmad, Amd Keb serta Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gowa sekaligus keempatnya merupakan pemateri.


BACA JUGA