Hatta Rahman Bagikan Alsintan ke Kelompok Petani di Maros

Senin, 14 Mei 2018 | 16:18 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros,GoSulsel.com – Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Maros membagikan puluhan alat dan mesin (Alsintan) pertanian kepada kelompok tani di Maros. Alsintan ini dari Kementerian Pertanian (Kementan). 

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Bupati Maros usai peresmian gudang penyimpanan alsintan di Desa Minasa Baji, kec Bantimurung, Senin (14/5/2018).

pt-vale-indonesia

Hatta berharap, kelompok tani bisa memanfaatkan bantuan ini dengan baik, agar bisa menggenjot produksi pertanian di Maros. 

“Kita bersyukur pemerintah pusat dalam hal ini Pak Mentan memberi perhatian khusus kepada Maros, penyaluran Alsintan ke Maros cukup banyak dan ini tentu memberi efek yang besar terhadap produksi pertanian kita” Ujar Hatta. 

Sementara itu kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikulturan Maros, M Nurdin, mengatakan jika bantuan tersebut disalurkan ke kelompok tani dan gapoktan se Kabupaten.

“Ada sekitar 50 unit mesin traktor roda dua, 30 unit mesin air kapasitas 6,5 PK dan 10 unit mesin transplanter, tadi Pak Bupati menyerahkan secara simbolis setelah meresmikan gudang penyimpanan Alsintan, gudang ini kedepan akan berfungsi ganda, karena juga akan kita hadirkan mesin pengering gabah” Ujar Nurdin. 

Ia menjelaskan, jika mesin pengering ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk penyerapan gabah di kabupaten Maros. “Penyerapan gabah kita di Maros yang masuk di bulog memang rendah, salah satu indikatornya adalah penjualan gabah petani yang langsung ke pedagang luar meski dengan harga murah mereka tetap menjual tapi karena takut gabahnya rusak ya tetap dijual. Jadi kalau sudah ada mesin pengering ini kita berharap gabah petani bisa kita keringkan dan bisa disimpan lama sambil menunggu harga stabil” Ujar Nurdin.

Ia melanjutkan jika selain dibagikan ke petani, Dinas pertanian juga menyiapkan alsintan dengan sistem brigade atau pinjam. 

“Selain bantuan yang diberikan kepada petani, Dinas Pertanian juga menyiapkan puluhan alsintan yang dibrigadekan atau bisa dipinjam saat ada kondisi darurat, sisa dibuatkan perjanjian peminjaman.” Tutupnya. 

Salah satu penerima traktor roda dua, H Amiruddin dari kelompok tani Tana didi Desa Jenetaesa mengatakan jika ia sangat berterimakasih telah mendapat bantuan yang tentu akan dimanfaatkan ia bersama anggota kelompoknya. 

“Terimakasih banyak Pak Bupati, bantuan ini akan kami manfaatkan dengan baik bersama anggota kelompok kami, semoga ini juga bisa menambah hasil produksi pertanian kami” Ujarnya Singkat. (*)


BACA JUGA