Dinas PMD Gelar Lomba Desa, Ada Sembilan Desa yang Ikut

Jumat, 18 Mei 2018 | 13:39 Wita - Editor: Baharuddin -

Gowa, Gosulsel.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gowa, menggelar lomba antar desa. Ada sembilan desa yang ikut.

“Dari lomba ini ada empat desa nantinya akan dicari juara satunya. Yang terpilih akan mewakili Gowa ke Provinsi,”kata Kepala Dinas PMD, Muh Asrul saat ditemui di ruang kerjanya,Jumat (18/5/2018).

pt-vale-indonesia

Sembilan desa yang ikut yakni, Desa Je’netalala, Kecamatan Pallangga, Desa Bone, Kecamatan Bajeng, Desa Bontolangkasa, Kecamatan Bontonompo Selatan, Desa Bontolempangang, Kecamatan Bontolempangang.

Desa Datara, Kecamatan Tompobulu, Desa Belapunranga, Kecamatan Parangloe, Desa Kanjilo Kecamatan Barombong, Desa Mata Allo Kecamatan Bontomarannu, dan Desa Bolaromang, Kecamatan Tombolopao.

Asrul juga mengatakan, saat ini dalam penilaiannya dalam proses evaluasi dan penetapan rangking 1,2,3 akan ditetapkan pada senin mendatang. 

Sedangkan, kriteria penilaian lomba desa ada tiga poin yakni masalah  pendidikan, kesehatan dan masalah ekonomi yang ada di desa tersebut. 

“Termasuk didalamnya lembaga masyarakat dan pembedayaannya,” ujarnya. 

Menurut Asrul, diantara desa-desa tersebut sudah berpengalaman mengikuti lomba desa di tingkat Kabupaten  dan Provinsi pada tahun-tahun yang lalu. 

Perlombaan yang digelar setiap tahun ini kata Asrul untuk melihat tingkat capaian dan perkembangan desa tersebut. 

“Apakah desa tersebut capaiannya tahun ini meningkat atau malah menurun, selain itu kita juga bisa melihat sejauh mana penerapan-penerapan aturan yang ada di desa, apakah berjalan atau tidak, dan ada perkembangan atau tidak,”pungkasnya.(*)


BACA JUGA