19 Kabupaten-Kota Ikut Lomba Desa se Sulsel, Gowa Raih Harapan III

Senin, 21 Agustus 2017 | 14:01 Wita - Editor: Baharuddin -

Makassar,GoSulsel.com – Kabupaten Gowa jadi juara harapan III lomba desa se Sulsel. Ada 2 desa yang jadi juara yakni, Desa Pallangga dan Panakkukang. Ada 17 desa dan 6 kelurahan di 19 kabupaten/kota ikut dalam lomba ini.

Pemberikan hadiah lomba dihadiri oleh Wakil Bupati Gowa, Andi Rauf Malaggani, dan camat dari dua desa tersebut, di Baruga Karaeng Pattinggaloang Rujab Gubernuran Sulsel Jl Sungai Tangka Makassar, Senin (21/8/2017).

pt-vale-indonesia

Penyerahan hadiah dilakukan oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Ny Ayunsri Harahap dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD),H. Mustari Soba.

Tim penilai sudah bekerja sejak tanggal 25 bulan 4 sampai tanggal 22 bulan 6 sedangkan, untuk penilaian dengan melihat data perkembangan selama 2 tahun terakhir serta hasil klarifikasi lapangan yang dilakukan di desa dan kelurahan setempat,ungkap Mustari soba.

Lomba ini menjadi ajang untuk mengukur peningkatan desa dalam semua aspek menjadi harapan banyak pihak. Meningkatnya anggaran desa diharapkan menjadikan desa sebagai safety guard untuk mengamankan ekonomi kebangsaan, ungkap Syahrul.

Selain itu Lomba desa sekaligus mengukur kemajuan desa dan kelurahan setiap tahunnya sekaligus sebagai evaluasi capaian kemajuan, kemakmuran, kesejahteraan masyarakat desa. Bersarnya anggaran yang diterima desa diharapkan dapat direalisasikan dengan efektif, efisien dengan tata kelola yang baik dan bertanggung jawab,” jelas Syahrul.

Sedangkan untuk Kabupaten Gowa, yang diwakili Desa Pannakukang Kecamatan Pallangga berhasil masuk dalam enam besar desa se provinsi Sulsel.

Pencapaian ini kerjasama banyak pihak di desanya. ” Apa yang kami raih hari ini merupakan kerja keras dan kerja sama dari semua elemen yang ada di desa. Walaupun penilaian lomba desa telah berakhir namun semangat untuk membangun desa kami tidak akan berhenti sampai sini, ” jelas Zulkifli didampingi Camat Pallangga,Indra Wahyudi Yusuf.

Sinjai yang menjadi perwakilan Provinsi Sulsel ditingkat nasional berhasil meraih juara satu nasional Regional III tahun 2017. Sekaligus menempatkan Gubernur Sulsel dianugrahi penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Menteri Dalam Negeri atas keberhasilan melaksanakaan pembinaan kepada desa dan kelurahan

Selain itu beberapa lomba juga ikut di adakan seperti pemilihan BUMDES dan inovasi teknologi, sedangkan untuk juara satu lomba desa tingkat provinsi di serahkan kepada desa batu balerang kecamatan Sinjai borong kab.sinjai untuk juara pertama lomba kelurahan diberikan kepada kelurahan Tanjung merdeka kecamatan Tamalate Makassar.

 


BACA JUGA