Tingkatkan Partisipasi Pemilih, PPK Kecamatan Parigi Resmikan Gerbang Sosialisasi di Pasar

Selasa, 22 Mei 2018 | 09:36 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

Gowa, GoSulsel.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Parigi dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-kecamatan Parigi menggelar sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Pilgub) Tahun 2018.

Kegiatan yang dipusatkan di Pasar Sentral Kecamatan Parigi pada Senin (21/05/2018) ini diisi beragam kegiatan seperti peresmian gerbang sosialisasi Kecamatan Parigi, mimbar bebas, pengecekan nama di DPT, tanya jawab seputar Pilkada Serentak 2018 dan kuis berhadiah.

Kegiatan bertajuk ‘Pasar Demokrasi’ tersebut dilaksanakan untuk memberikan pendidikan dan penyadaran politik bagi Pemilih di Kecamatan Parigi.

Hal ini disampaikan oleh Ketua PPK Parigi, Saiful. Menurutnya, angka partisipasi pemilih di Kecamatan Parigi perlu ditingkatkan dengan memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnnya menyalurkan hak suara pada Pilgub Sulsel 27 Juni 2018 mendatang.

“Teman-teman berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya menyalurkan hak suaranya, sekaligus meningkatkan partisipasi Pemilih di Kecamatan Parigi yang di Pilkada 2015 lalu terbilang masih dibawah 80% dari jumlah DPT yang ditetapkan,” ungkap Saiful saat menyampaikan sambutannya.

Lebih khusus, Anggota PPK Parigi, Herianto mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga diselenggarakan untuk mensosialisasikan PKPU Nomor 8 Tahun 2018 Pasal 7 yang mewajibkan pemilih memperlihatkan KTP elektronik atau Surat Keterangan (SUKET) dari Dinas Kependududkan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) saat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak suara.

“Sebagai Penyelenggara teknis di tingkat Kecamatan, kami merasa wajib menyampaikan ke masyarakat luas setiap aturan dan tahapan-tahapan Kepemiluan yang sementara atapun yang akan dilaksanakan. Terlebih khusus adanya aturan yang mewajibkan pemilih memperlihatkan KTP-el atau Suket kepada KPPS saat pemungutan suara di TPS” ungkapnya.

Kegiatan yang dipadati warga sekitar sejak pagi itu juga dihadiri oleh Perwakilan Pemerintah Kecamatan Parigi, Kepala Unit Intel Polsek Tinggimoncong, Kepala Desa Majannang dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Parigi. Setiap perwakilan memberikan orasi dan ajakan memilih serta memberikan bingkisan hadiah secara langsung kepada warga yang datang mengecek namanya di DPT pada stand yang didesain khusus oleh panitia. (*)


BACA JUGA