Ilustrasi perbedaan tumbuh kembang pada anak/INT

Pemerintah Kecamatan Parigi Manfaatkan Dana Desa Tangani Stunting

Selasa, 03 Januari 2023 | 21:04 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa akan mendorong pemanfaatan dana desa (DD) untuk menangani persoalan stunting.

Camat Parigi, Nuraeny Apriyani mengatakan, pihaknya tengah mendorong bagaimana kedepan pemanfaatan dana desa juga dapat menyentuh pembangunan kesehatan untuk penanganan konvergensi stunting di desa se-Kecamatan Parigi.

pt-vale-indonesia

Pemanfaatan dana desa ini bisa melalui pemberian bantuan sosial kepada keluarga yang memiliki anak beresiko stunting.

Baik melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) oleh pemerintah kabupaten, hingga bantuan lainnya di tingkat desa, seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

“Ini memang menjadi fokus kita di 2023 mendatang yaitu memastikan seluruh keluarga beresiko stunting menjadi penerima bantuan sosial. Sehingga kita sangat harapkan seluruh peran desa dalam mendata keluarga beresiko stunting di wilayahnya masing-masing,” ujarnya belum lama ini.

Selain itu, program lainnya yang akan didorong kedepan untuk penanganan stunting di kecamatannya yaitu dengan memperkuat kerjasama lintas sektor dalam mengintervensi rumah tangga yang berisiko stunting.

“Kami akan memanfaatkan lahan pekarangan rumah masyarakat untuk pemenuhan gizi rumah tangganya. Jadi beberapa akan ditanami tumbuhan yang bisa bermanfaat bagi keluarga, seperti toge, dan lainnya,” kata Eny.

Termasuk juga memperkuat kerjasama antar sektor untuk mendorong masyarakat agar senantiasa mengkonsumsi aneka ragam makanan sesuai dengan pedoman gizi seimbang.

Begitu juga memperkuat kerjasama lintas sektor untuk mendorong keaktifan masyarakat untuk aktif hadir pada pelaksanaan posyandu setiap bulan, khususnya bagi balita yang sudah lengkap imunisasi dasarnya.(*)