ASN Pemkab Gowa Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Jumat, 01 Juni 2018 | 10:43 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 2018, Seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, upacara di halaman Kantor Bupati Gowa, Jumat (1/6/2018).

Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni. Sebagai inspektur upacara, Abd rauf berkesempatan membacakan sambutan seragam Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. 

Wabup menuturkan, pancasila adalah berkah indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan, pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

“Pancasila hasil dari rumusan berbagai kelompok, golongan dan latar belakang pendiri bangsa yang duduk bersama untuk menetapkan pancasila sebagai pemersatu segala perbedaanyang berperan sebagai falsafah dan dasar negarabyang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, adil dan makmur,” tutur Abd Rauf dihadapan ASN.

Tak hanya itu, Wabup Gowa ini juga mengingatka  kembali kepada ASN, tentang proses lahirnya pancasila ini harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya, karena ini adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita.

“Rangkaian proses ini harus terus kita ingat, dalami semangatnya, harus dijadikan pilar utama dalam kehidupan, mengingat kita ini sebagai bangsa yang mejemuk, terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau,” kata mantan Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Lebih lanjut, Wabup Gowa mengatakan, peringatan pancasila harus dijadikan semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama dengan memperkuat welas asih dan saling mengahargai dengan penuh empati.

“Saya yakin dengan semangat ini kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan berbagai kompetisi, berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif. Kita tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan, kita harus bersatu demi kemajuan negara dan bangsa ini,” tambah Wabup Gowa mengakhiri sambutannya.(*)


BACA JUGA