#

Masuk Kategori Politik Uang, Pembagian Sarung Bertulis NH-Aziz Harus Diusut

Kamis, 07 Juni 2018 | 22:13 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, Gosulsel.com – Sejumlah sarung dengan stiker pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Aziz Qahar Mudzakkar (NH-Aziz) ditemukan beredar di Kabupaten Luwu Utara.

Stiker pada sarung itu sangat jelas menulis nama  pasangan nomor urut 1 ini. Lengkap dengan slogan yang selama ini dipopulerkan NH-Aziz, yakni ‘Sama-samaki Bangun Kampung, Sulsel Baru 2018’.

pt-vale-indonesia

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Muhammad Ridha mengatakan, perilaku tersebut masuk dalam kategori money politics atau politik uang. Olehnya, ia meminta agar Panwas segera menindaklanjuti temuan ini.

“Itu masuk kategori money politic. Harus ditindaki oleh Panwaslu. Janganlah didik rakyat hanya berfikir pendek. Pemilu hanya sekali lima tahun, karena itu segala cara digunakan termasuk mencari simpati dengan menyogok, membeli suara atau disebut politik uang,” tegas Ridha, Kamis (7/6/2018).

Menurutnya, sangat penting Pilgub Sulsel menjadi bagian pendidikan politik rakyat. Olehnya, dia sangat berharap semua kandidat menggunakan cara-cara yang baik. Sesuai dengan aturan dan kaidah-kaidah yang ditentukan.

“Jadi gunakan cara yang lebih baik. Sosialisasikan program, kampanyekan hasil kerja dan sejarah diri. Biarkan rakyat yang memutuskan. Jangan mendidik rakyat pragmatis seperti itu. Seolah harga suara rakyat hanya selembar sarung atau sekilo terigu,” tandasnya.(*)


BACA JUGA