Soni Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Makassar

Minggu, 10 Juni 2018 | 20:15 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Pejabat Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono mengecak langsung kesiapan angkutan mudik lebaran jalur laut di Pelabuhan Utama Makassar, Minggu, (10/6/2018).

Dalam kunjungan tersebut, setidaknya Soni mengecek 3 hal terkait kesiapan pelabuhan Makassar.

“saya hanya mengecek hal yang menjadi kesiapan pelabuhan Soekarno Hatta,” katanya.

Yang pertama adalah dari segi kapasitas pelabuhan untuk melayani pemudik. Soni mengungkapkan dari kapasistas yang dimiliki Pelabuhan Makassar menurutnya dapat mengakomodir pemudik di tahun 2018 ini.

“Saya kira dari segi kapasitas, menurut laporan sampai hari ini 17 ribu yang naik dan yang masuk lebih sedikit sekitar 11 ribu. Jasi selisihnya 17 ribu yang naik 11 ribu yang turun, sehingga kapasitas Soekarno Hatta saya rasa dapat menampung,” lanjutnya

Soni juga mengecek sejumlah fasilitas yang dimiliki Pelabuhan Utama Makassar. Dari hasil pengecekannya, mantan pejabat Gubermur DKI Jakarta juga ini merasa puas dari fasilitas yang disediakan oleh pihak pelabuhan.

“Ini pelabuhan cukup lengkaplah apalagi ada pelabuhan yang memilikk rumah anak, ada tempat bermain anak untuk mencegah kebosanan,”

Selain itu Soni juga mengecek lahan parkir dan kebersihan pelabuban. Karena menurutnya parkiran dan kebersihan merupakan hal yang sering dekeluhkan oleh masyarakat atau pemudik.

“Saya kira yang ketiga ini yang sangat khusus seperti parkir yang sering dikeluhkan dan kebersihan yang sering dikeluhkan,” katanya di dampaingi staf Otoritas Pelabuhan Makassar.

Diketahui, pihak pelabuhan Makassar menyiapkan 23 kapal untuk melayani pemudik. PT Pelni (Milik 15 kapal dan Perintis 3), PT Darma Lautan Utama 3 kapal, PT. Prima Vista 1 kapal dan PT Indri Samudera Line 1 kapal. 23 kapal tersebut dapat menampung 36.964 penumpang.


BACA JUGA