Jaga Kualitas Air, PDAM Gowa Bersihkan Reservoir Instalasi Pandang-Pandang

Sabtu, 23 Juni 2018 | 11:36 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Rusli - GoCakrawala

Gowa,GoSulsel.com – Untuk menjaga kualitas air bersih yang didistribusikan kepada pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang, Gowa melakukan pencucian reservoir di Instalasi Pandang-Pandang, Kecamatan Somba Opu, Sabtu (23/6/2018).

Selama pembersihan reservoir berlangsung, pelayanan air bersih mengalami gangguan. Dirut PDAM Gowa, Hasanuddin Kamal melalui siaran persnya mengatakan, pembersihan reservoir itu sebagai upaya menjaga kualitas air tetap jernih ke pelanggan. 

Dia mengakui, reservoir di Instalasi Pandang-Pandang itu memang telah lama tidak pernah dibersihkan. “Baru kali ini kita bersihkan. Pembersihan ini sebagai bentuk menjaga kualitas air agar tetap jernih,” ujar Hasanuddin. 

Proses pembersihan reservoir itu, lanjut dia, mulai berlangsung pukul 09.00 pagi wita. Selama proses pembersihan, suplai air bersih PDAM terutama untuk wilayah Sungguminasa dan sekitarnya mengalami gangguan. 

“Kita memohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan selama 2-3 jam. Setelah itu suplai air kembali normal,” ujar Hasanuddin.   

Ketua DPD Perpamsi Sulsel itu mengungkapkan, terkait soal tingkat kekeruhan air, sejauh ini masih normal. Berada dikisaran 200 NTU (Nephemetric Turbiduty Unit). 

Dengan tingkat kekeruhan seperti itu, menurut dia, sejatinya masih bisa diolah dan layak konsumsi. Hanya saja mengingat, kondisi instalasi pengolahan yang sudah berumur dan belum pernah direhabilitasi, maka rawan sedimen dari air baku tembus ke reservoir dan mengendap sedikit demi sedikit.

“Untuk mengantisipasi terjadinya endapan direservoir, makanya dibersihkan,” pungkasnya. (*) 


BACA JUGA