Pengamat Politik: IYL Seorang Politisi Terhormat

Jumat, 29 Juni 2018 | 06:30 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Apresiasi terhadap sikap Ichsan Yasin Limpo terus mengalir. Hal ini setelah IYL, akronim namanya mengeluarkan pernyataan mengejutkan sesaat setelah memantau perkembangan Quick Count kemarin.

Ichsan dengan tegas menyampaikan bahwa dirinya tetap menghargai hasil Quick Count, namun juga tetap menunggu hasil akhir dari KPU.

Bahkan eks Bupati Gowa dua periode ini dengan tegas menyampaikan lewat akun instagramnya, bahwa Tuhan pasti menyediakan jalan lain untuk terus berbuat demi kepentingan bersama.

Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Andi Luhur Priyanto yang dikonfirmasi mengatakan, sikap IYL menunjukan sikap gantelemen sebagai politisi terhormat.



“Sikap IYL menujukkan kematangan dan kearifan dalam berkontestasi. Sikapnya untuk menerima perhitungan hasil QC dengan tetap menunggu hasil resmi KPU menunjukkan sikap gentleman, sebagai seorang politisi terhormat. Ketegaran pribadinya berhasil ditransformasi menjadi ketegaran kolektif, pendukung dan tim pemenangannya. Tidak ada respon yang berlebihan, semua tetap terkendali,” kata Luhur, pada Kamis (28/6/2018).

Dia mengatakan, kualitas pribadi IYL sudah terlihat melalui respon yang dia sampaikan. Bahkan menurutnya, Ichsan memiliki kewibawaan dan kemuliaan dalam berpolitik.

“Kualitas pribadi seseorang akan terlihat pada responnya atas suatu peristiwa. Politik liberal memang perlu di hiasi dignity,” ucapnya.

Lebih jauh dia menegaskan, karier politik Ichsan tidak berakhir, masih banyak medan pengabdian yang terbuka lebar untuk tokoh politik sekelas IYL.

“Karir politik IYL belum selesai. Masih tersedia medan pengabdian yang lebih luas. IYL belum menutup bab akhir kitab perjalanan politik. The show must go on,” tandasnya.(*)


BACA JUGA