Seorang pedagang sedang menjajakan dagangannya di Pasar Tradisional Tamalanrea, di Bumi Tamalanrea Permai (BTP), kota Makassar.

Seminggu Pasca Lebaran: Harga Bahan Pokok di Pasar Tamalanrea Melonjak, Ini Penyebabnya

Kamis, 05 Juli 2018 | 16:55 Wita - Editor: Baharuddin -

Makassar,GoSulsel.com – Harga bahan pokok di pasar tradisional Tamalanrea, di Bumi Tamalanrea Permai (BTP), kota Makassar mengalami lonjakan cukup signifikan, seminggu pasca lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

Penyebabnya, karena dari pemasok menaikkan harga, sehingga para pedagang juga ikut menaikkan harga tersebut.

“Kami terpaksa menaikkan harga bahan pokok karena dari pemasok menaikkan harga. Kendati barang yang kami ambil banyak yang rusak akibat kurangnya pembeli,”kata salah seorang pedagang di pasar Tamalanrea, saat ditemui di lokasi, Kamis (5/7/2018).

Sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti, cabai dari harga Rp30 ribu /Kg jadi Rp44 ribu /Kg, tomat Rp12 ribu /Kg sebelumnya hanya Rp5.000 /Kg. Kemudian, sayuran dari harga Rp8 ribu naik hingga Rp10 ribu.

Kenaikan harga ini membuat banyak pedagang mengeluh. Khususnya, pedagang makanan yang menggunakan sambal sebagai pelengkap makannya.

Namun, lain halnya dengan harga tempe dan tahu, dikarenakan harga tempe dan tahu masih terbilang normal, sama seperti harga sebelum lebaran. (*)

Reporter Magang: Ratih Sardianti Rosi/GoSulsel.com


BACA JUGA